ANALISIS LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK

Penulis

  • Alpius Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura
  • Ditilebit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v11i2.79

Kata Kunci:

Rasio Likuiditas, Profitabiltas, Kinerja Keuangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan ; 1) Untuk menganilisis kinerja keuangan dilihat dari tingkat likuiditas dan profitabilitas Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk pada tahun 2014-2016. 2) Untuk menganalisis perkembangan rasio likuiditas dan profitabilitas Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbkpada tahun 2014-2016. 3) Untuk menganilisis kinerja keuangan dilihat dari tingkat likuiditas dan profitabilitas pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk jika di bandingkan dengan standar industri. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Secara umum kinerja keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk berdasarkan hasil rasio likuiditas pada current ratio dan quick ratio mengalami fluktuasi dapat dikatakan baik karena mampu memenuhi kewajiban jangka pendeknya meskipun perusahaan belum mampu memaksimalkan aktiva lancarnya dan untuk hasil rasio profitabilitas dapat dikatakan baik juga karena mampu menghasilkan laba meskipun adanya penurunan pada Profit margin dan terjadi fluktuasi pada Return On Asset, dan Return On Equity. 2). Perkembangan rasio likuiditas dan profitabilitas PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk belum begitu efisien hal ini dikarenakan perkembangan di setiap rasio likuiditas dan profitabilitas tidak begitu stabil, hasilnya ada yang mengalami penurunan dan juga ada yang mengalami peningkatan di tiap tahun berjalan. Perkembangan rasio likuiditas dan profitabilitas pada tahun 2015 sampai dengan tahun 2016 diantaranya yaitu rasio likuiditas dimana current ratio dan quick ratio mengalami fluktuasi sedangkan ratio profitabilitas dimana profit Margin mengalami penurunan, dan Return On Asset mengalami fluktuasi sedangkan Return On Equity mengalami peningkatan ditahun 2015 sampai dengan 2016. Fluktuasi pada perkembangan rasio likuiditas terjadi karena PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk belum mampu meminimumkan utang lancar dan memaksimalkan aktiva lancar yang ada sedangkan untuk hasil perkembangan rasio profitabilitas adanya penurunan – penurunan dapat terjadi karena asset yang kurang dikelola secara efisien ditiap tahunnya sehingga menyebabkan laba bersih rendah dan kinerja keuangan perusahaan kurang begitu baik. 3). Perbandingan standar industri dari hasil rasio likuiditas dan profitabilitas PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk meskipun mampu memenuhi kewajiban jangka pendeknya dan menghasilkan laba dimana pada current ratio dan quick ratio belum memenuhi standar, sedangkan profit margin memenuhi standar industri, Return On Asset, dan Return On Equity tidak memenuhi standar industri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Algifari.2003. Statistika Induktif untuk Ekonmi dan Bisnis. AM YKPN. Yogyakarta.

Brigham, Eugene F dan Houston. 2006. Fundamental of FinancialManagement: Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Darsono, 2005. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Edisi pertama. Andi : Yogyakarta.

Hanafi, Mamduh M. 2004. Manajemen Keuangan. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Harahap, Sofyan Safri. 2004. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Edisi Pertama,Cetakan Keempat, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ibnu Sutomo,. 2014. Analisis Rasio Profitabilitas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT Niagaraya Kreasi Lestari Banjarbaru.

Ikatan Akuntansi Indonesia, 2004. Standar Akuntansi Keuangan. Selemba 4, Jakarta.

Irham, Fahmi. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Jaya, Wihana Kirana.1993. Ekonomi Industri. Yogyakarta: Penerbit BPFE Universitas Gajah Mada.

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara.

Kasmir (2008), Analisis Laporan Keuangan, Catatan Kedua, Bumi Aksara, Jakarta

Mahsun, Mohammad. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Martono dan Harjito. 2005. Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penebit Ekonisia.

Mega Zanara. 2012. Analisis Kinerja Keuangan Pada PT Indosat Tbk (Ditinjau Dari Profitabilitas dan Likuiditas).

Munawir. 2004. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kelima, Liberty,Yogyakarta Sunyoto, Danang. 2013. Analisis laporan keuangan untuk bisnis. Cetakan pertama. Yogyakarta: Penerbit CAPS.

Putri Hidayatul Fajrin. 2016. Analisis Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Kinerja Keuangan PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.

Sawir, Agnes. 2005. Dasar-dasar Akuntansi. Edisi Pertama. Penerbit PT Bumi Aksara. Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2021

Cara Mengutip

Wenda, A., & Ditilebit, N. (2021). ANALISIS LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 33–42. https://doi.org/10.55049/jeb.v11i2.79

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 11 NOMOR 2 JANUARI 2021