PENERAPAN BIAYA KONTRIBUSI DAN KLAIM PADA PRODUK ASURANSI JIWA SYARIAH DI PT. SUN LIFE FINANCIAL SYARIAH SORONG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Penulis

  • Satrya Bayu Irawan Universitas Nani Bili

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v13i2.95

Kata Kunci:

Kontribusi, Klaim, Perspektif Ekonomi Islam

Abstrak

PT. Sun Life Financial Syariah berkontribusi besar dalam meningkatkan kontribusi pendapatan (premi) secara nasional. Atas dasar tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan biaya kontribusi (premi) pada PT. Sun Life Financial Syariah Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan di PT. Sun Life Financial Syariah Sorong. Analisis data menggunakan data deskriptif berupa pengamatan observasi, wawancara, kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan biaya kontribusi (premi) asuransi syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan biaya kotribusi dan klaim yang terkumpul dari pembayaran kotribusi akan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu digunakan sebagai manfaat asuransi berupa uang pertanggungan yang digunakan sebagai penjamin apabila terjadi risiko yang tidak terduga kepada nasabah, sebagai biaya yang mengandung kontibusi tabarru‟ yang digunakan untuk biaya penjaminan risiko bagi peserta asuransi syariah, dan sebagai investasi yang akan dikelola melalui 2 (dua) produk syariah yaitu Asuransi Salam Hijrah Amanah dan Asuransi Salam Hijrah Investa. Berupa jumlah unit link dari jumlah unit link, maka hasil investasi akan diberikan kepada nasabah. Nasabah juga berkesempatan mendapatkan hasil investasi dari surplus underwriting telah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam karna setiap unsur didalamnya terdapat prinsip-prinsip Islam.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ajib, Muhammad. 2019. Asuransi Syariah, ed. by Asmaul Husna. Jakarta Selatan: Rumah Fiqh.

Al Arif, M Nur Rianto. 2012. Lembaga Keuangan Syariah: Suatu Kajian Teoretis Praktis. Bandung: Pustaka Setia.

Basrow. 2008. Memahamai Penelitian Kualitatif . Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, M. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif . Jakarta: Prenada Media Group.

Hidayat, Fikriyah Azizah. 2018. Implementasi Pengelolaan Dana Kontribusi (Premi) Asuransi Syariah Pada PT. Sun Life Financial Syariah Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Irmawaty, „Wawancara‟ (Sorong, 2021)

Manan, Abdul. 2012. Hukum Ekonomi Syariah, Edisi Pert. Jakarta: Kencana.

Sahi, Winda Septiani. 2015. Peranan Perusahaan Syariah Dalam Pengelolaan Dan Penempatan Dana Unit Link Studi Kasus Pada PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Devisi Syariah. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Sula, Muhammad Syakir. 2004. Asuransi Syariah. Jakarta: Gema Insani.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2022

Cara Mengutip

Bayu Irawan, S. (2022). PENERAPAN BIAYA KONTRIBUSI DAN KLAIM PADA PRODUK ASURANSI JIWA SYARIAH DI PT. SUN LIFE FINANCIAL SYARIAH SORONG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 29–35. https://doi.org/10.55049/jeb.v13i2.95

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 13 NOMOR 2 JANUARI 2022