Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai  pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Jayapura, selajutnya Untuk mengetahui bagaimana pengaruh komitmen pegawai terhadap kinerja pegawai pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Jayapura, serta Untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi dan komitmen pegawai terhadap kinerja pegawai pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Jayapura.

Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh motivasi (X1) terhadap kualitas pelayanan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Jayapura. Hal ini menunjukan bahwa nilai  t  hitung untuk variabel motivasi (X1) sebesar 4.230  >  t  tabel 1.675 dan nilai signifikansi sebesar  0,000 < α 0,05.  Dengan demikian hipotesis pertama yaitu diduga bahwa variabel motivasi (X1) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Y) pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Jayapura.

Selanjutnya juga terdapat pengaruh komitmen pegawai (X2) terhadap kinerja pegawai pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Jayapura. Hal ini menunjukan bahwa nilai  t hitung variabel komitmen pegawai (X2)   3.888  >  t  tabel 1.675, dengan tingkat siqnifikansi sebesar 0.001 < α 0,05.  Dengan demikian hipotesis diduga bahwa variabel komitmen pegawai (X2) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Y) pada pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Jayapura dapat dibuktikan.

Kata Kunci : Motivasi, Komitmen dan Kinerja

Diterbitkan: 2020-09-25