Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian yaitu perusahaan manufaktur sektor aneka industry yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2015.

Metode penelitian yang digunakan yaitu mengambil data kuantitatif dan metode kepustakaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis dengan uji t (parsial).

Hasil penelitian menunjukan bahwa likuiditas (CR) berpangaruh negatife dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan hasil nilai thitung sebesar -3.023 dan nilai signifikansi 0.004. Nilai signifikansi menunjukan hasil lebih kecil dari 0,05, ini berarti mengindikasikan bahwa semakin tinggi likuiditas maka nilai perusahaan akan semakin menurun. Leverage (DER) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan hasil nilai thitung sebesar -1,680 dan signifikansi 0.098. Nilai signifikansi menunjukan hasil lebih besar dari 0,05, ini berarti mengindikasikan bahwa leverage (DER) tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas (ROE) berpangaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV) dengan hasil nilai thitung sebesar 5,626 dan signifikansi 0.000, Nilai signifikansi menunjukan hasil lebih kecil dari 0,05, ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi profitabilitas (ROE) maka nilai perusahaan akan semakin meningkat.

 Kata Kunci : likuiditas, leverage, profitabilitas dan nilai perusahaan.

Diterbitkan: 2020-09-25