Sumber daya manusia merupakan sumber daya terpenting dalam suatu lembaga atau organisasi sebagai penggerak utama dalam menjalankan fungsi organisasi  guna mewujudkan tujuan yang hendak dicapai. Oleh karena itu semua organisasi memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara efektif dan efisien sesuai dengan job description-nya.

Untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan seseorang sepatutnya memiliki derajat kesediaan dan tingkat kemampuan tertentu. Kesediaan dan ketrampilan seseorang tidaklah cukup efektif untuk mengerjakan sesuatu tanpa pemahaman yang jelas tentang apa yang dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya.

Kemampuan bisa merupakan kesanggupan bawaan sejak lahir, atau merupakan hasil latihan atau praktek. Kemampuan manusia juga dapat ditingkatkan dengan memberikan motivasi yang tepat. Motivasi kerja diperlukan sebagai salah satu indikator kinerja Aparatur Sipil Negara.  Aparatur Sipil Negara dengan motivasi kerja yang tinggi dapat diharapkan menghasilkan kinerja yang maksimal. Untuk menjaga kelangsungan operasional organisasi, seorang pemimpin harus memperhatikan serta berusaha mempengaruhi dan mendorong Aparatur Sipil Negaranya. Pemberian motivasi dengan tepat akan dapat mendorong bawahan bersemangat dalam melaksanakan pekerjaannya, sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

Hasil penelitian Secara bersama-sama variabel motivasi, kemampuan kerja dan disiplin kerja dapat memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara pada Dinas  Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Yahukimo. Artinya jika ketiga variabel tersebut dapat dilaksakan dan berjalan dengan baik maka mampu memberikan semangat kerja bagi Aparatur Sipil Negara sehingga dapat meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara semakin lebih baik kedepannya.

Secara partial baik variabel motivasi, kemampuan kerja, serta disiplin kerja menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara pada Dinas  Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Yahukimo. Hal ini mengindikasikan bahwa motivasi yang tinggi, kemampuan kerja yang baik serta disiplin kerja yang tinggi akan dapat memberikan suatu dorongan bagi para Aparatur Sipil Negara untuk melakukan tugas dan tanggung jawab dengan baik sehingga dapat menghasilkan kinerja yang baik pula.

Kata Kunci: Motivasi, Kemampuan Kerja, Disiplin, ASN dan Kinerja

Diterbitkan: 2020-09-25