Membangun Kewirausahaan Dengan Platform Media Sosial Bagi UMKM Di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • La Ode Abdul Wahab Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura image/svg+xml Penulis

DOI:

https://doi.org/10.55049/cnd.v1i2.14

Kata Kunci:

Kewirausahaan, Media Sosial, UMKM, Transformasi Digital, Pengabdian kepada Masyarakat

Abstrak

Pandemi COVID-19 memberikan dampak signifikan terhadap sektor ekonomi, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penurunan omzet, pembatasan mobilitas, serta rendahnya daya beli masyarakat menjadi tantangan besar, terlebih bagi UMKM di wilayah 3T seperti Papua yang masih mengalami keterbatasan infrastruktur digital. Artikel ini membahas kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan digital berbasis media sosial bagi pelaku UMKM di Distrik Abepura, Kota Jayapura. Pelatihan ini bertujuan membangun jiwa kewirausahaan dan meningkatkan kapasitas digital melalui pemanfaatan platform media sosial sebagai sarana pemasaran dan komunikasi. Mengacu pada teori Entrepreneurial Orientation dan Diffusion of Innovations, kegiatan ini menjadi strategi transformatif dalam meningkatkan daya saing UMKM di masa krisis. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap materi kewirausahaan dan penggunaan media sosial dalam bisnis. Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan kewirausahaan yang adaptif, inklusif, dan berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (2021). Data dan Informasi UMKM Tahun 2021. Jakarta: Deputi Bidang Usaha Mikro. Lumpkin, G. T., & Dess, G. G. (1996). Clarifying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking it to Performance. Academy of Management Review, 21(1), 135–172. Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th ed.). New York: Free Press. Sri Mulyani Indrawati. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.kemenkeu.go.id

Wahab, L. O. (2024). Membangun Kewirausahaan dengan Platform Media Sosial bagi UMKM di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendisia: Cendekia Sosial dan Pengabdian, 1(2), 8–15. https://doi.org/10.55049/cnd.v1i2.12

Diterbitkan

30-09-2024

Terbitan

Bagian

CND Vol 1 No 2 September 2024

Cara Mengutip

Membangun Kewirausahaan Dengan Platform Media Sosial Bagi UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. (2024). Cendisia : Cendekia Sosial Dan Pengabdian, 1(2), 16-21. https://doi.org/10.55049/cnd.v1i2.14

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama