Sosialilasi Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Menabung Sejak Dini di Panti Asuhan Rodhatul Jannah
DOI:
https://doi.org/10.55049/cnd.v1i2.16Kata Kunci:
Literasi Keuangan, Menabung Sejak Dini, Panti Asuhan, Edukasi Keuangan, Kemandirian FinansialAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman anak-anak Panti Asuhan Rodhatul Jannah tentang pentingnya menabung sejak dini sebagai bagian dari pembentukan karakter finansial yang mandiri. Rendahnya literasi keuangan di kalangan anak-anak menjadi latar belakang utama pelaksanaan kegiatan ini. Melalui pendekatan edukatif yang interaktif seperti ceramah, simulasi menabung, serta penggunaan media edukatif seperti celengan pribadi dan lembar kontrol tabungan, kegiatan ini berhasil mendorong partisipasi aktif dan membentuk pemahaman dasar tentang manfaat menabung. Evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa anak-anak mulai menginternalisasi nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, dan perencanaan finansial. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model pembinaan berkelanjutan dan direplikasi di panti asuhan lain sebagai bagian dari strategi penguatan literasi keuangan anak.
Unduhan
Referensi
Daniels, H. (2020). Vygotsky and Pedagogy. Routledge. Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2011). Financial literacy around the world: An overview. Journal of Pension Economics & Finance, 10(4), 497–508.
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. Mandell, L., & Klein, L. S. (2009). The impact of financial literacy education on subsequent financial behavior. Journal of Financial Counseling and Planning, 20(1), 15–24. Schneider, W., & Pressley, M. (2019). Memory Development Between 2 and 20. Psychology Press.