Pembinaan Life Skills Putra-Putri Port Numbay Putus Sekolah Melalui Pelatihan Komputer Di STIE Port Numbay Jayapura
DOI:
https://doi.org/10.55049/cnd.v2i1.19Kata Kunci:
Life Skills, Pelatihan Komputer, Pemberdayaan RemajaAbstrak
Tingginya angka putus sekolah dan minimnya keterampilan praktis (life skills) menjadi hambatan signifikan bagi remaja Port Numbay dalam memasuki dunia kerja. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan membekali mereka dengan keterampilan dasar komputer melalui pelatihan intensif yang berlangsung selama enam hari. Pelatihan difokuskan pada penguasaan Microsoft Word dan Excel, serta penguatan soft skills melalui pendekatan partisipatif dan praktik langsung. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan kompetensi peserta baik dalam aspek teknis maupun kepercayaan diri. Peserta juga menunjukkan inisiatif membentuk komunitas belajar lanjutan dan siap bersaing di dunia kerja. Kegiatan ini menegaskan peran strategis perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat marginal dan menjadi model replikasi untuk pembangunan berbasis komunitas.
Unduhan
Referensi
UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2013). Pedoman Penulisan Proposal dan Laporan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Suparman, U. (2021). Pelatihan Life Skill dan Implikasinya bagi Remaja. Jurnal Pengabdian Sosial, 4(1), 34–41. Wibowo, A. (2020). Peran Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal PkM Cendekia, 2(2), 112–120. Kurniawan, B. (2021). Meningkatkan Kompetensi Digital Pemuda Desa. Jurnal Abdi Teknologi, 5(1), 56–63. Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review, 84(2), 191–215. Boyer, E. L. (1996). The Scholarship of Engagement. Journal of Public Service and Outreach, 1(1), 11–20. Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. New York: Herder and Herder. Knowles, M. S. (1980). The Modern Practice of Adult Education: From Pedagogy to Andragogy. Cambridge: The Adult Education Company. Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books. Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press