Pendampingan Mahasiswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Bisnis Melalui Pelatihan Kewirausahaan Pada Mahasiswa STIE Port Numbay Jayapura

Penulis

  • Norbertha Ditilebit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura image/svg+xml Penulis
  • Dani Melmambessy Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura image/svg+xml Penulis
  • Fachri Baasalem Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura image/svg+xml Penulis
  • Ahadi Rerung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura image/svg+xml Penulis
  • Agus Sunaryo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura image/svg+xml Penulis
  • Yerianus Walapa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura image/svg+xml Penulis
  • Jeklin Maya Pangkali Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura image/svg+xml Penulis
  • Irenne Qwita Umbrop Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura image/svg+xml Penulis

DOI:

https://doi.org/10.55049/5br5xr82

Kata Kunci:

Pendampingan Mahasiswa, Keterampilan Bisnis, Pelatihan, Kewirausahaan

Abstrak

Pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan kewirausahaan mahasiswa melalui pelatihan dan pendampingan yang sistematis, aplikatif, dan berbasis pada pengembangan keterampilan praktis dalam inovasi produk makanan khas daerah, sehingga mahasiswa mampu mengelola dan mengembangkan usaha dengan lebih efektif dan berkelanjutan. Hasil dari kegiatan ini yakiniProgram Pendampingan Mahasiswa untuk Meningkatkan Keterampilan Bisnis melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Produk Makanan Khas Daerah pada Mahasiswa STIE Port Numbay telah berhasil memberikan dampak yang signifikan dalam pengembangan keterampilan kewirausahaan mahasiswa. Melalui pelatihan yang komprehensif dan pendampingan berkelanjutan, mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan dasar tentang bisnis, tetapi juga keterampilan praktis yang dapat langsung diterapkan dalam usaha mereka.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Becker, G. S. (1993). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis, with Special Reference to Education (3rd ed.). Chicago: The University of Chicago Press.

Kasmir. (2016). Kewirausahaan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Resnavita, & Prasetyo, E. (2018). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 45-55.

Schumpeter, J. A. (1934). The Theory of Economic Development: An Inquiry into Profits, Capital, Credit, Interest, and the Business Cycle. Cambridge: Harvard University Press.

Shane, S. (2003). A General Theory of Entrepreneurship: The Individual-Opportunity Nexus. Cheltenham: Edward Elgar Publishing.

Suharti, L. (2012). Inovasi Produk dalam Pengembangan Usaha Kecil Menengah di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(1), 35-43.

Zimmerer, T. W., Scarborough, N. M., & Wilson, D. (2008). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management (5th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Diterbitkan

31-03-2025

Terbitan

Bagian

CND Vol 2 No 1 Maret 2025

Cara Mengutip

Pendampingan Mahasiswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Bisnis Melalui Pelatihan Kewirausahaan Pada Mahasiswa STIE Port Numbay Jayapura. (2025). Cendisia : Cendekia Sosial Dan Pengabdian, 2(1), 22-28. https://doi.org/10.55049/5br5xr82

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama