Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Naskah diketik dengan teks 1 spasi; font 12; menggunakan huruf miring, bukan huruf bergaris bawah (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah.
  • Naskah mengikuti aturan gaya selingkung dan bibliografi yang disyaratkan dalam Panduan Penulis.
  1. Naskah belum  pernah  diterbitkan  dalam  media  cetak  lain,  diketik  dengan  spasi  rangkap  pada  kertas  folio, panjang  tulisan  10 – 20  halaman  dan  diserahkan  paling  lambat  2  bulan  sebelum  penerbitan  dalam  bentuk  ketikan  pada  CD/R beserta  hasil  cetakannya  pada  kertas  sebanyak  2    Berkas  naskah  pada  computer  diketik  dengan  menggunakan  pengolahan  kata  MS Word.
  2. Artikel yang  dimuat  dalam  jurnal  ini  meliputi  tulisan tentang  hasil  penelitian,  gagasan  konseptual,  kajian  dan  aplikasi  teori,  tinjauan  kepustakaan  dan  risensi  buku baru.
  3. Semua karangan  ditulis  dalam  bentuk  essay,  disertai  judul  subbab  (heading)  masing-masing  bagian,  kecuali  bagian  pendahuluan  yang  disajikan  tanpa  judul    Peringkat  judul  subab dinayatakan  dengan  jenis  huruf  yang  berbeda  (semua  huruf  dicetak  tebal,  cetak  miring),  letaknya  pada  tepi  kiri  halaman  dan  tidak  dengan  angka.
  4. Setiap karangan  harus  disertai  (a) abstrak (50 – 70) kata, (b) kata-kata kunci, (c) identitas pengarang (tanpa gelar akademik), (d) pendahuluan (tanpa judul subbab) yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan, dan (e) daftar rujukan. Hasil penelitian disajikan dengan sistematika sebagai berikut : (a) judul, (b) nama pengarang, (c) abstrak, (d) kata-kata kunci, (e) pendahuluan tanpa judul subbab berisi pembahasan kepustakaan dan tujuan penelitian, (f) metode, (g) pembahasan, (h) kesimpulan dan saran, dan (i) daftar rujukan.
  5. Tata  cara  penyajian kutipan, rujukan,  tabel  dan  gambar  mengikuti  ketentuan  dalam  Pedoman  Penulisan Karya Ilmiah : Skripsi, Artikel dan Makalah. Naskah diketik dengan memperhatikan aturan penggunaan tanda baca dengan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan.