Analisis Sektor Unggulan Di Kabupaten Jayapura

Penulis

  • Yuniar Sri Hartati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v10i2.165

Kata Kunci:

Sektor Unggulan, Pertumbuhan Ekonomi

Abstrak

Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk melihat sektor basis di Kabupaten Jayapura disetiap tahunnya, yaitu dari tahun 2012 – 2015. Penelitian ini merupakan penelitian yang diharapkan dapat memberikan kontribusi empiris pada analisis sektor unggulan di Kabupaten Jayapura, menjadi masukan bagi para pembuat kebijakan yang berhubungan dengan pembangunan Kabupaten Jayapura dalam rangka program pembangunan selanjutnya dan tetap mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang ada, serta dapat sebagai bahan referensi bagi pihak manapun yang berminat dalam melakukan penelitian yang terkait dengan kajian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tahun 2012 -2015 LQ pada setiap sektor ekonomi di Kabupaten Jayapura terlihat bahwa yang menjadi sektor basis adalah sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, Sektor Industri Pengolahan, Sektor Pengadaan Listrik dan Gas, Sektor Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah dan Daur Ulang, Sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Sektor Transportasi dan Pergudangan, Sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum, Sektor Informasi dan Komunikasi, Sektor Real Estate, Sektor Jasa Perusahaan, Sektor Administrasi Pemerintah, Pertanahana dan Jaminan Sosial Wajib, Sektor Jasa Pendidikan, Sektor Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial, dan Sektor Jasa Lainnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Yuniar Sri Hartati, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

Yuniar Sri Hartati merupakan Dosen Ekonomi Pembangunan, STIE Port Numbay Jayapura

Referensi

Adisasmita, R, 2005. Dasar-Dasar Ekonomi Wilayah. Graha Ilmu,Yokjakarta Arsyad, Lincolin, 1999. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah, BPFE,Yokjakarta. Kaho, Josef Riwu. 1998. Prospek Otonomi Daerah di Negara Republik Indonesia. Raja Grafindo Perkasa. Jakarta.

Mankiw, N. Gregory. 2000. Teori Makro Ekonomi. Edisi 4. Penerbit Erlangga.Jakarta.

Marizka. 2009. Analisis Kinerja Pengelolaan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah Pemerintah Kota Medan, Fakultas Ekonomi Universitas Sumatra Utara. Natahiddin. 2001. Potensi Dana Perimbangan Pada Pemerintahan Daeral di Propinsi Jambi, Manajemen Keuangan Daerah, Yogyakarta : UPP YKPN. Nazara, Suahasil. 1994. Pertumbuhan Ekonomi Regional Indonesia. Prisma No.8. LP3ES. Jakarta. Nordiawan, Deddi, (2006), Akuntansi Sektor Publik, Salemba Empat, Jakarta. Singgih, Santoso, 2000, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Jakarta: Elex Media Komputindo Tarigan, R., 2007.Ekonomi Regional, Teori dan Aplikasi. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara Todaro, M. and Smith, S. 2004. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Edisi ke Delapan,Jakarta: Erlangga. Todaro M.P, 2000, Economic Development, Seventh Edition, New York, Addition Wesley Longman. Inc.

__________, Undang-undang no.33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah.

Diterbitkan

31-01-2020

Cara Mengutip

Sri Hartati, Y. (2020). Analisis Sektor Unggulan Di Kabupaten Jayapura. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 30–38. https://doi.org/10.55049/jeb.v10i2.165

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 10 NOMOR 2 JANUARI 2020