Pengaruh Tingkat Pelayanan Bagi Kepuasan Pelanggan Kantin Pada PT. Credit Union Sinar Papua Selatan di Kabupaten Merauke

Penulis

  • Hendrikus Tjiu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Merauke
  • Achmad Elefianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Merauke
  • Yohanes Sereuw Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Merauke

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v15i1.182

Kata Kunci:

Tingkat Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, PT. Credit Union Sinar Papua, Kabupaten Merauke

Abstrak

Kualitas pelayanan memiliki pengaruh besar terhadap kepuasan konsumen, tanpa adanya kualitas pelayanan yang baik pada suatu bisnis kuliner, maka konsumen tidak akan merasa puas sehingga dampak negatif akan muncul terhadap kantin. Kualitas pelayanan ini memiliki banyak dimensi, diantaranya adalah bukti fisik, kehandalan pelayanan, kesigapan pelayanan, kemudahan, komunikasi, kesopan santunan dan pemahaman kebutuhan. Variable tingkat pelayanan (X) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variable kepuasan(Y). Dalam analisis penelitian ini penulis menggunakan hitungan secara model statistik (SPSS) dengan menggunakan rumus atau formula untuk menjawab, menarik kesimpulan dan membuat keputusan berdasarkan analisis yang telah dilakukan serta menarik kesimpulan dan mengambil keputusan berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan persamaan regresi Y=2,222 + 0,371X maka koefisien regresi sebesar 0,371 menunujukkan bahwa setiap penambahan tingkat pelayanan sebesar 1 satuan maka akan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan sebesar 2,593 satuan. Yang artinya tingkat pelayanan memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan kantin PT. Credit Union Sinar Papua Selatan di Kabupaten Merauke.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Hendrikus Tjiu, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Merauke

Hendrikus Tjiu merupakan Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, STIE Yapis Merauke

Achmad Elefianto, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Merauke

Achmad Elefianto merupakan Dosen Program Studi Keuangan dan Perbankan, STIE Yapis Merauke

Yohanes Sereuw, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Merauke

Yohanes Sereuw merupakan Mahasiswa Program Studi Keuangan dan Perbankan, STIE Yapis Merauke

Referensi

Tjiptono, Fandy (2016). Manajemen Jasa. Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy (2017), Strategi Pemasaran. Edisi Dua, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy (2018). Strategi Pemasaran. Edisi Dua, Penerbit Andi, Yogyakarta..

Kotler. Philip dan Kevin Lane Keller (2019), Manajemen pemasaran I. Edisi Ketiga Belas : Erlangga, Jakarta..

Rangkuti Freddy (2018), The power Of Brand’s Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta..

Diterbitkan

31-01-2023

Cara Mengutip

Tjiu, H., Elefianto, A., & Sereuw, Y. (2023). Pengaruh Tingkat Pelayanan Bagi Kepuasan Pelanggan Kantin Pada PT. Credit Union Sinar Papua Selatan di Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 37–40. https://doi.org/10.55049/jeb.v15i1.182

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 15 NOMOR 1 JANUARI 2023