Pengaruh Tingkat Pelayanan Bagi Kepuasan Pelanggan Kantin Pada PT. Credit Union Sinar Papua Selatan di Kabupaten Merauke
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v15i1.182Kata Kunci:
Tingkat Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, PT. Credit Union Sinar Papua, Kabupaten MeraukeAbstrak
Kualitas pelayanan memiliki pengaruh besar terhadap kepuasan konsumen, tanpa adanya kualitas pelayanan yang baik pada suatu bisnis kuliner, maka konsumen tidak akan merasa puas sehingga dampak negatif akan muncul terhadap kantin. Kualitas pelayanan ini memiliki banyak dimensi, diantaranya adalah bukti fisik, kehandalan pelayanan, kesigapan pelayanan, kemudahan, komunikasi, kesopan santunan dan pemahaman kebutuhan. Variable tingkat pelayanan (X) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variable kepuasan(Y). Dalam analisis penelitian ini penulis menggunakan hitungan secara model statistik (SPSS) dengan menggunakan rumus atau formula untuk menjawab, menarik kesimpulan dan membuat keputusan berdasarkan analisis yang telah dilakukan serta menarik kesimpulan dan mengambil keputusan berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan persamaan regresi Y=2,222 + 0,371X maka koefisien regresi sebesar 0,371 menunujukkan bahwa setiap penambahan tingkat pelayanan sebesar 1 satuan maka akan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan sebesar 2,593 satuan. Yang artinya tingkat pelayanan memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan kantin PT. Credit Union Sinar Papua Selatan di Kabupaten Merauke.
Unduhan
Referensi
Tjiptono, Fandy (2016). Manajemen Jasa. Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy (2017), Strategi Pemasaran. Edisi Dua, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy (2018). Strategi Pemasaran. Edisi Dua, Penerbit Andi, Yogyakarta..
Kotler. Philip dan Kevin Lane Keller (2019), Manajemen pemasaran I. Edisi Ketiga Belas : Erlangga, Jakarta..
Rangkuti Freddy (2018), The power Of Brand’s Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta..
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Hendrikus Tjiu, Achmad Elefianto, Yohanes Sereuw
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.