Pengaruh Tingkat Ketertarikan Brand Lokal Jakcloth dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Nasional

Penulis

  • Cinta Rahmi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah https://orcid.org/0009-0007-1469-2895
  • Fauzan Rasyid Nabawi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah https://orcid.org/0000-0002-7568-8394
  • Lulu Fatimah Azzahra Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Jibran Aufa Rajabi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v16i1.250

Kata Kunci:

Brand Lokal, Jackloth, Pendapatan Nasional

Abstrak

Penelitian ini fokus pada pengaruh tingkat minat terhadap merek lokal Jakcloth dan dampaknya terhadap pendapatan nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas mengenai pengaruh yang terjadi terhadap minat merek lokal khususnya Jakcloth dan apa dampaknya terhadap perekonomian khususnya pendapatan nasional. Dalam tulisan ini penulis mengambil 4 data asli dan valid. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu metode wawancara yang memadukan fokus pengumpulan data dan analisis data. Instrumen penelitian berupa daftar pertanyaan yang kami buat melalui analisis data pada penelitian sebelumnya sehingga dapat diterima. Hasil penelitian kami dapat menunjukkan bahwa data dari ketiga sumber tersebut mengandung berbagai variasi. Kesimpulan dari penelitian nasional ini adalah pengaruh tingkat minat terhadap Jakcloth merek lokal mempunyai dampak, pengaruh dan mempunyai pendapatan yang diharapkan oleh negara Indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Aldo Norma Bayu Sulistyo. (2023). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Mirai Management, 8(2), 327–336.

Aulia, A., Amin, W., Sativa, I. O., & Purnamasari, O. (2022). Analisis Social Media Marketing dalam Membentuk Brand Loyalty Sepatu Lokal di Masa Pandemi Covid-19. Persepsi: Communication Journal, 5(1), 75–86. https://doi.org/10.30596/persepsi.v5i1.9297

Budiarti, W. (2015). PENGARUH TINGKAT BUNGA DAN PENDAPATAN NASIONAL TERHADAP TABUNGAN DI INDONESIA, MALAYSIA DAN THAILAND. Ekonomi Dan Bisnis, 19(2), 91–102.

Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Pengaruh Pemerintah Terhadap Keseimbangan Pendapatan Nasional Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4807.

Cornellin, E., & Paramita, S. (2019). Komunikasi Pemasaran Brand Lokal Kepada Masyarakat Indonesia (Studi Terhadap Beras Sikoki). Prologia, 3(1), 86. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6217

Fardiana Putri, R., Fitriani, E. W., & Sartika, S. H. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Erigo Store Brand Fashion Lokal Indonesia Yang Mendunia. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 213–220. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.185

Hasan, A., Harahap, A. S., & Az-zahra, M. T. (2023). Pendapatan Nasional Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 4(2), 19–34.

Khilmia, A., Sunan, U., Surabaya, A., Uin, M., & Surabaya, S. A. (2022). Pendapatan Negara Antara Konvensional dan Islam. Al-Buhuts, 18(1), 01–15. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ab/article/view/2484

Murdo, I. T., & Affan, J. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia Dari Sisi Pendapatan Nasional Pendekatan Pengeluaran. Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 15(2). https://doi.org/10.51277/keb.v15i2.73

Pane, A. A. (2023). Analisis Ekonomi Islam Tentang Dampak Ekspor dan Impor Terhadap Pendapatan Nasional. Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 79–92.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184

Raharjo, E. T. (2022). Pengaruh Desain Produk dan Brand Image terhadap Keinginan Berperilaku setelah Pembelian Produk Distro Magnesium 137. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi ( RITMIK ), 4(1), 30–40.

Rahma, A. (2018). Event Sebagai Salah Satu Bentuk Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fashion Nasional (Event Tahunan Jakcloth). Nyimak (Journal of Communication), 1(2), 149–169. https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.480

SAGIYANTO, A. (2015). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Event JAKCLOTH SUMMER FESTIVAL 2014 “Heroes of Our Time.” Jurnal Komunikator, 6(06). http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/222

Wijaya, I. B. K., & Utama, M. S. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Industri Kerajinan Bambu Di Kabupaten Bangli. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 5(4), 434–459.

Diterbitkan

23-01-2024

Cara Mengutip

Rahmi, C., Rasyid Nabawi, F., Fatimah Azzahra, L. F. A., & Aufa Rajabi, J. A. R. (2024). Pengaruh Tingkat Ketertarikan Brand Lokal Jakcloth dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Nasional. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 54–60. https://doi.org/10.55049/jeb.v16i1.250

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 16 NOMOR 1 JANUARI 2024