Pengaruh Tingkat Ketertarikan Brand Lokal Jakcloth dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Nasional
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v16i1.250Kata Kunci:
Brand Lokal, Jackloth, Pendapatan NasionalAbstrak
Penelitian ini fokus pada pengaruh tingkat minat terhadap merek lokal Jakcloth dan dampaknya terhadap pendapatan nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas mengenai pengaruh yang terjadi terhadap minat merek lokal khususnya Jakcloth dan apa dampaknya terhadap perekonomian khususnya pendapatan nasional. Dalam tulisan ini penulis mengambil 4 data asli dan valid. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu metode wawancara yang memadukan fokus pengumpulan data dan analisis data. Instrumen penelitian berupa daftar pertanyaan yang kami buat melalui analisis data pada penelitian sebelumnya sehingga dapat diterima. Hasil penelitian kami dapat menunjukkan bahwa data dari ketiga sumber tersebut mengandung berbagai variasi. Kesimpulan dari penelitian nasional ini adalah pengaruh tingkat minat terhadap Jakcloth merek lokal mempunyai dampak, pengaruh dan mempunyai pendapatan yang diharapkan oleh negara Indonesia.
Unduhan
Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Aldo Norma Bayu Sulistyo. (2023). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Mirai Management, 8(2), 327–336.
Aulia, A., Amin, W., Sativa, I. O., & Purnamasari, O. (2022). Analisis Social Media Marketing dalam Membentuk Brand Loyalty Sepatu Lokal di Masa Pandemi Covid-19. Persepsi: Communication Journal, 5(1), 75–86. https://doi.org/10.30596/persepsi.v5i1.9297
Budiarti, W. (2015). PENGARUH TINGKAT BUNGA DAN PENDAPATAN NASIONAL TERHADAP TABUNGAN DI INDONESIA, MALAYSIA DAN THAILAND. Ekonomi Dan Bisnis, 19(2), 91–102.
Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Pengaruh Pemerintah Terhadap Keseimbangan Pendapatan Nasional Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4807.
Cornellin, E., & Paramita, S. (2019). Komunikasi Pemasaran Brand Lokal Kepada Masyarakat Indonesia (Studi Terhadap Beras Sikoki). Prologia, 3(1), 86. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6217
Fardiana Putri, R., Fitriani, E. W., & Sartika, S. H. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Erigo Store Brand Fashion Lokal Indonesia Yang Mendunia. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 213–220. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.185
Hasan, A., Harahap, A. S., & Az-zahra, M. T. (2023). Pendapatan Nasional Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 4(2), 19–34.
Khilmia, A., Sunan, U., Surabaya, A., Uin, M., & Surabaya, S. A. (2022). Pendapatan Negara Antara Konvensional dan Islam. Al-Buhuts, 18(1), 01–15. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ab/article/view/2484
Murdo, I. T., & Affan, J. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia Dari Sisi Pendapatan Nasional Pendekatan Pengeluaran. Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 15(2). https://doi.org/10.51277/keb.v15i2.73
Pane, A. A. (2023). Analisis Ekonomi Islam Tentang Dampak Ekspor dan Impor Terhadap Pendapatan Nasional. Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 79–92.
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184
Raharjo, E. T. (2022). Pengaruh Desain Produk dan Brand Image terhadap Keinginan Berperilaku setelah Pembelian Produk Distro Magnesium 137. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi ( RITMIK ), 4(1), 30–40.
Rahma, A. (2018). Event Sebagai Salah Satu Bentuk Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fashion Nasional (Event Tahunan Jakcloth). Nyimak (Journal of Communication), 1(2), 149–169. https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.480
SAGIYANTO, A. (2015). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Event JAKCLOTH SUMMER FESTIVAL 2014 “Heroes of Our Time.” Jurnal Komunikator, 6(06). http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/222
Wijaya, I. B. K., & Utama, M. S. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Industri Kerajinan Bambu Di Kabupaten Bangli. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 5(4), 434–459.