Pengaruh Harga Jual Terhadap Tingkat Pendapatan Industri Kerajinan Rotan Pada CV Rofa Di Kota Jayapura
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v16i1.256Kata Kunci:
Harga Jual, Tingkat Pendapatan, Industri Kerajinan RotanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui berapa besar pengaruh harga jual terhadap tingkat pendapatan Industri Kerajianan Rotan pada CV ROFA di Kota Jayapura dan Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi harga jual terhadap tingkat pendaptan Industri Kerajianan Rotan CV ROFA di Kota Jayapura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif bertujuan untuk mengetahui hubungan atau pengaruh dua variabel atau lebih. penulis melakukan peneitian / mengambil data di Jalan Raya Abepura Kelurahan Entrop, pada Industri Kerajianan Rotan CV ROFA. Sedangkan penelitian dilakukan selama kurang lebih tiga (3) bulan di Mulai dari bulan Ferbuary - Juni 2023. Teknik Analisa data penelitian ini adalah pengunaan model Regeresi linear sederhana. Hasil pengujian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat harga jual memiliki pengaruh kontribusi sebesar 93,9% terhadap tingkat pendapatan dan sisanya 6,1% di jelaskan oleh variabel selain harga jual. nilai konstanta (a) = 2,086 artinya bahwa bila harga = 0 maka tingkat pendapatan sebesar 2,086. Koefisien regresi (b) = 106,590 artinya bahwa setiap peningkatan harga jual sebesar 1 satuan akan meningkatkan pendapatan sebesar 106,590. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan di CV Rofa diantaranya yaitu modal, lama usaha dan tenaga kerja.
Unduhan
Referensi
Afzarul Rahman, Doktrin ekonomi Islam, (Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf, 1995)
Assauri, S,Manajemen Pemasran, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010) BN. Marbun, Kamus Manajemen, (Jakarta Pustaka Sinar Harapan, 2023)
Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi (Jakarta: Prenamidia Grub 2013)
D.W. Foster. Prinsip-Prinsip Pemasaran, (Jakarta: Erlanga.1985)
Eko Putra, Analis Strategi Pemasaran Dalam Rangka Meningkatkan Daya saing pada UD. Indah Kiat Rotan.” (Skripsi, Universitas Mataram, Mataram 2003).
Mustofa Edwin Nasution, Budi setyanto Dkk, Ekonomi Islam ( Penada Media Group: Jakarta, 2005),
Nur’aini, “Analis Peningkatan Pendapatan Pengrajian usaha Seni Kerajinan Tangan Dari Daur Ulang Limba Pelastik Dilingkungan Perigi Desa Agung Mataram, Dalam Perspektif Ekonomi Islam, “(Skripsi, FSEI AIN Mataram, Mataram,2017), Hlm. 14
Philip Koter dan Kevin Lane Keller, Manajem Pemasaran, (Jakarta: Erlanga 2009)
Pratama Raharja dan Mandala Menurung, Teori Ekonmi Makro (Jakarta: Lembaga Penerbit Fakuitas Ekonomi Universistas Indonesia, 2001)
Rainday Affairs, “ Faktor-Faktor yang mempengaruhi Penadapatan, “ dalam indraachmandi. Blongspot.com/ atrikel, diakes pada hari jumat 7 November 2014, pukul 19.21
Sarwono. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatiif (Yogyakartga: Graha Ilmu.2016)
Sugiono. Metode Penelitian Bisnis (Bandung : Alfhabeta, 2001)
Suharsimi Arikuno, Prosedur Peneitian Suatu Pendekatan Praktis, (Jakarta: PT . Rineka Cipta, 2006 ).
Umi Rohmah, “Analis Peran Ekonomi Kreatif dalam Peningkatan Pendapatan Pengrajin ditinjau dari Prespiktif Ekonomi Islam.” (Skripsi, Unversitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2017)