Pengaruh Dan Kontribusi Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Jayapura

Penulis

  • Verdi Payung Tappi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.311

Kata Kunci:

Kontribusi, Retribusi Daerah, Pendapatan Asli Daerah, PAD

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui besarnya pengaruh retribusi daerah terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Jayapura;  Berapa besar kontribusi retribusi daerah terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Jayapura; dan Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan retribusi daerah di Kabupaten Jayapura. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif yaitu dalam menganalisis menggunakan angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kedua variabel menunjukkan hubungan yang positif; 2) Bahwa rata-rata kotribusi retribusi daerah selama 5 tahun terakhir sebesar 11,80 % per tahun sedangkan kontribusi paling tinggi terjadi pada tahun tahun 2018 sebesar 20,30 % sedangkan terendah terjadi pada tahun 2022 yaitu sebesar 5,11%. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi daerah di Kabupaten Jayapura antar lain rendahnya kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajibannya membayar retribusi, pelaksanaan pemungutan retribusi daerah yang belum baik dan belum sesuai dengan kondisi lapangan, belum lengkapnya data base objek retribusi daerah, belum lengkapnya data tentang retribusi daerah membuat penerimaan retribusi daerah belum maksimal, bantuan Pusat, dengan banyaknya bantuan dan subsidi ini mengurangi usaha daerah dalam pemungutan retribusi daerah, dan lebih mengandalkan kemampuan negosiasi, kurangmya pemahaman masyarakat tentang objek retribusi daerah serta penarikan retribusi yang terjadi di wilayah Kabupaten Jayapura belum berjalan maksimal, sebab masih banyak daerah yang belum ditarik retribusinya padahal merupakan potensi sumber retribusi, misalnya retribusi kendaraan umum yang masuk wilayah kabupaten Jayapura tidak pernah membayar retribusi, seharusnya ada pos penarikan retribusi dibatas Kabupaten dengan Kota Jayapura.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Verdi Payung Tappi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

 

 

Referensi

Gujarati, Damodar, 2012, Ekonometrika Dasar, Erlangga, Jakarta

Muhamad Ali Hamza 2018, Analisis Pengaruh Retribusi Daerah Terhadap pendapatan asli Daerah Kabupaten Wajo Propinsi Sulawesi Selatan.

I Nyoman Ali 2016, Analisis Pengaruh dan Kontribusi retribusi daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Buleleng Provinsi Bali, dengan menggunakan data time series.

Saiful Aimin, 2017¸ Pengaruh Kontribusi Retribusi daerah Terhadap pendapatan asli Daerah Kota Kediri.

Sudargo. R, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Penerbit N.V. Eresco, Bandung, 1964.

Peraturan Pemerintah Nomor 65 dan 66 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Undang-undang No. 33 Tahun 2004 tentang perimbangan keuangan pemerintah dan pemerintah daerah sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang No. 23 Tahun 2014, tentang perimbangan keuangan pusat dan daerah.

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Diterbitkan

22-07-2024

Cara Mengutip

Payung Tappi, V. (2024). Pengaruh Dan Kontribusi Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Jayapura. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 109–120. https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.311

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 16 NOMOR 2 JULI 2024