Analisis Pengaruh Sektor Industri Pengolahan Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Di Kota Jayapura

Penulis

  • Victor F. F. D. Pasalbessy Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.316

Kata Kunci:

Sektor Industri Pengolahan, Produk Domestik Regional Bruto, PDRB

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  besarnya  PENGARUH Sektor Industri Pengolahan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto Kota Jayapura.  Hasil  penelitian  yang  diperoleh  adalah adanya hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen menunjukkan hubungan yang sangat kuat dan posittf serta signifikan hal ini ditunjukkan oteh besamya nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,996 atau sebesar 99,60 persen sedangkan pengaruh variabel industri pengolahan (X) pengaruhnya ditunjukkan oleh koefisien determinan (t2) sebesar 0,992 atau 99,20 persen, hal ini disebabkan karena dalam data penelitian ini menunjukkan adanya dominasi dari penerimaan industri pengolahan yang terdiri dari 16 sub bagian terhadap penerimaan produk domestik regional bruto. Persamaan regresi sebagai berikut : Y = 10,790+30,048x persamaan garis regresi tersebut mempunyai arti bahwakonstanta dengan nilai 10.790 Jika variabel industri pengolahan adaiah sama dengan no! (0) atau tidak mengalami pern bah an, maka kenaikan produk domestik regional bruto dikisaran Rp. 40.790 variabel lain dianggap konstan. Nilai koefisien regresi industri pengolahan (X) sebesar 30.048 mengandung arti bahwa jika variabel industri pengolahan naik atau mengalami peningkatan 1 (satu) rupiah, maka akan menyebabkan kenaikan atau berpengaruh terhadap penerimaan produk domestik regional bruto Kota Jayapura sebesar Rp. 30.048.  Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan industri pengolahan di Kota Jayapura disebabkan olah beberapa faktor antara lain masih banyak sub-sub sektor dalam industri pangolahan yang belum berjalan sehingga bardampak pada masih minimnya kontribusi sektor industri pangolahan bagi pambentukan nilai produk domestic regional bruto Kota Jayapura, masih belum kondusifnya iklim investasi di Provinsi Papua secara umum dan Kota Jayapura secara khusus yang manyebabkan masih kurangnya minat Investor untuk mambuka induatri di Papua, Bantuan Pusat, dangan banyaknya bantuan dan subsidi ini mangurangi minat masyarakat untuk mambuka Industri baru. Kurangnya bahan baku yang tersedia di Kora Jayapura mambuat industri tidak barkembang dangan baik, Kurangnya koordinasi Internal dan dengan unit kerja lain yang berkaitan dengan pengelolaan industri-industri yang ada,masih adanya tindakan premanisme, berupa pemungutan ilegal dengan barbagai alasan.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Victor F. F. D. Pasalbessy, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

 

 

Referensi

Arsyad, Lincolin 2010.Ekonoml Pembangunan, Jakarta :Salemba

Badan Pustaka Statistik, 2006. Jayapura dalam angka, Jayapura : BPS Kota Jayapura 2007.

Jayapura dalam angka, Jayapura : BPS Kota Jayapura 2008. Jayapura dalam angka, Jayapura : BPS Kota Jayapura 2009. Jayapura dalam angka, Jayapura : BPS Kota Jayapura 2010. Jayapura dalam angka, Jayapura: BPS Kota Jayapura 2011. Jayapura dalam angka, Jayapura : BPS Kota Jayapura 2012. Jayapura dalam angka, Jayapura : BPS Kota Jayapura

Badan Pusat Statistik 2014. Provinsi Papua dalam Angaka.Jayapura : BPS Provinsi Papua.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat, 2008. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Khanifah, S. 2012. "Analisis Pergeseran Struktur Perekonomian Dan Penentuan Sektor Unggulan Atas Dasar Penyerapan Tenaga Kerja Di Kabupaten Magalang Tahun 2006-2010, .Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Komang, E dan Nyoman, M. 2011. Analisis Pola Pertumbuhan ekonomi dan Sektor Potensial Kabupaten Klungkung.Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Bail.

Ma’rif, Samsul, Ekonomi Wilayah dan Kota, Ekonomika dalam Perencanaan Indentifikasi Sektor Strategis, Diktat Kuliah PWK UNDIP Semarang, 2002.

Mulyadi, S. 2014. Ekonomi Sumber daya Manusia dalam perspektif pembangunan edisi revisi. PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Diterbitkan

22-07-2024

Cara Mengutip

F. F. D. Pasalbessy, V. (2024). Analisis Pengaruh Sektor Industri Pengolahan Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Di Kota Jayapura. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 160–168. https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.316

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 16 NOMOR 2 JULI 2024