Mobile Banking Dalam Pengalaman Belanja Konsumen Generasi Z Di Era Digital: Persepsi Dan Preferensi Pengguna
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v17i1.391Kata Kunci:
Perception, Preferences, Mobile Banking, Generation ZAbstrak
Mobile banking telah menjadi sarana yang sangat efektif untuk memudahkan transaksi keuangan, memantau saldo, dan melakukan pembayaran. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana persepsi dan preferensi konsumen generasi Z terhadap mobile banking dalam pengalaman belanja digital mereka. Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kota dan Kabupaten Pekalongan dari tanggal 1 Mei 2024 sampai 18 Mei 2024. Sumber data untuk penelitian ini akan diperoleh melalui beberapa metode, termasuk wawancara observasi dan analisis konten terhadap review dan komentar pengguna tentang pengalaman mereka dengan mobile banking. Hasil menunjukan bahwa persepsi konsumen terhadap aplikasi mobile banking saat berbelanja di era digital karena kemudahan dan kepraktisannya mempengaruhi minat mereka untuk menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini mempengaruhi perilaku konsumtif konsumen, dengan mereka lebih cenderung untuk membeli produk dan jasa secara online. Preferensi generasi Z dalam menggunakan mobile banking yaitu karena kemudahan, fitur yang ditawarkan terhubung dengan e-commerce sehingga mempengaruhi preferensi mereka untuk menggunakan mobile banking
Unduhan
Referensi
Adi Ahdiat. (2023). Transaksi Digital Bank Indonesia. Kadata. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/41234dcb958d96e/transaksi-digital-banking-di-indonesia-tumbuh-158-dalam-5-tahun-terakhir
Eliska Pratiwi, I Nyoman Sujana dan Iyus Akhmad Haris, “Persepsi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Penerapan Program Kerja BUMDES Dwi Amertha Sari di Desa Jinengdalem”, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol. 11 No.1/ 2019, 286
Habibie, M. F. (2019). Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Bsm Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam). Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Laksana, G. B. (2021). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko Dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Bri) Kantor Cabang Rembang, Jawa Tengah). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 2, 2.
Lutfiah, A. F. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Dan Ketersediaan FiturTerhadap Minat Penggunaan Aplikasi Brimo (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Unisma Angkatan 2019). Jurnal Riset Manajemen, 12(2).
Metkono, Dosince M., Fransina W. Ballo, and Cicilia A. Tungga. "Preferensi Konsumen Terhadap Layanan M-banking: Studi Kasus Pada Bank NTT." Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen 3.1 (2024): 42-50.
Putri, M. K. D. K. (2021). Faktor Terhadap Minat Nasabah Tabungan Hijrah Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking Muamalat Pada Kantor Cabang Pembantu Nganjuk. IAIN Ponorogo.
Ramadhan, R. (2021). Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kredibilitas, dan Persepsi Harga Pada Niat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking di Bank Syariah Mandiri Surabaya. Universitas Airlangga.
Sari, P. (2023). Melibatkan Generasi Muda dalam Ekonomi dan Bisnis “Menghadapi Tantangan dan Peluang di Era Milenial Generasi Z. JMEB Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis, 1(2), 50–59.
Sukanto. (1997). Fisiologi. Jakarta: Integritas Press.
Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Vernanda, N. S. (2024). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Sikap Terhadap Keputusan Generasi Z Menggunakan Layanan Pembukaan Rekening Online Bsi Mobile (Studi Pada Generasi Z Nasabah Bsi Di Purwokerto). Uin Syarif Hidayatullah Purwokerto.
Wiji Nurastuti. (2011). Teknologi Perbankan. Yogyakarta: Graha Ilmu.