Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Era Digital Marketing (Studi Kasus Di Food Court Kajen Kabupaten Pekalongan)

Penulis

  • Vira Putri Widianti Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Hendri Hermawan Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Muhamad Shulthoni Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v17i1.392

Kata Kunci:

Pemasaran, UMKM, Digital Marketing

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di era digital marketing pada masyarakat Kabupaten Pekalongan khusnya para pedagang yang ada di food courth Kajen. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatifkualitatif untuk menyelidiki bagaimana UMKM menggunakan pemasaran digital karena setiap vendor pasti memiliki perspektif yang berbeda. enis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara secara mendalam kepada penjual yang ada di food courth kajen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digitalisasi dan penggunaan media sosial memainkan peran penting dalam kesuksesan usaha kecil di Kabupaten Pekalongan. Pengusaha UMKM di food court Kajen telah mulai beradaptasi dengan strategi digital marketing, terutama melalui media sosial seperti Instagram dan TikTok untuk menjangkau lebih banyak konsumen, meningkatkan brand awareness, dan memperluas pangsa pasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia, N., Ghifari, S. W., Salsabiil, K. P., Erwindo, E., Arianto, N., & Sudaryana, Y. (2024). Manajemen Pemasaran dan Pentingnya Sosial Media untuk Produk UMKM Pondok Pesantren Assyifa Kecamatan Parung Bogor. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 4(2), 380–386. https://doi.org/10.37481/pkmb.v4i2.1061

Andrika, & Suroso, A. (2024). Pemberdayaan UMKM Melalui Pemasaran Digital : Pendekatan Praktis dan Strategis di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Masyarakat (PENGAMAS), 1(1), 68–80. https://journal.ppipbr.com/index.php/pengamas/article/view/249%0Ahttps://journal.ppipbr.com/index.php/pengamas/article/download/249/232

Arkandito, G. F., Maryani, E., Rahmawan, D., & Wirakusumah, T. K. (2019). Komunikasi Verbal Pada Anggota Keluarga Yang Memiliki Anak Indigo. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(1), 42–56. https://doi.org/10.24198/jmk.v1i1.9955

Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2008–2018. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2573

Dian Novita, S.E., M. M., Lia Febria Lina, S.E., M. S., & Berlintina Permatasari, S.P., M. M. (2023). Digital Marketing: STRATEGI KEBERLANJUTAN UMKM di Era Digital.

Dirbawanto, N. D., & Adlina, H. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Tingkat Penjualan di Era New Normal. Jurnal Ecogen, 5(1), 136. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i1.12844

Dita, P., Safitri, S., & Noviyanti, I. (2024). Analisis SWOT Menjadi Sebuah Alat Strategis Untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi: Studi UMKM Rumah Makan Pondok Rumbio. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 01–10. https://journal.admi.or.id/index.php/JEKMA/article/view/1333/1486

Dwijayanti, Y. W., & Hamidah, H. (2017). NIAT DAN PERILAKU WAJIP PAJAK ORANG PRIBADI MENGIKUTI PROGRAM TAX AMNESTY (STUDI FENOMENOLOGI). JURNAL AKUNTANSI UNIVERSITAS JEMBER.

Fadhillah, P., & Yuniarti, A. (2023). 27.+Pemberdayaan+UMKM+Ujunge+-+edited. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 291–298.

Firdausya, L. Z., & Ompusunggu, D. P. (2023). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Era Digital Abad 21. Tali Jagad Journal, 1(1), 16–20.

Haryanto, R., Setiawan, A., Nurhayati, R., Mertayasa, I. G. A., & Nugraha, A. R. (2024). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran di Era Society 5.0: Sebuah Literatur Review. Edunomika, 5(02), 1–10.

Hasan (2013). (2019). JBEE : Journal Business Economics and Entrepreneurship. Journal Business Economics and Entrepreneurship, 1(2), 1–8.

Karina Komariah, Olivia, E., & Barek, I. (2023). JURNAL RISET MANAJEMEN INDONESIA (JRMI) Analisis Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran di Era Digital dalam menghadapi Persaingan di UMKM Rajawali Persada Coffee. Juli, 5(3), 2023. https://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi

Khasanah. (2023). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Demagogi: Journal of Social Sciences, Economics and Education, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.61166/demagogi.v1i1.2

Komalasari, Y., Dewi, S. W. K., Sulastriningsih, R. D., Firmansyah, R., Mauliana, P., Hunaifi, N., & Wiguna, W. (2022). Pelatihan Segmentasi Pemasaran Digital Pasca Pandemi Covid-19 di Tjendana Food Point. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 66–71. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i2.2868

Munthe, A., M. Yarham, & Ridwana Siregar. (2023). Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 593–614. https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i3.321

Neneng Nurmalasari, & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Jurnal.Unigal.Ac.Id, volume 4(3), 543.

Nur Faizah, E., & Majid, A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm. Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 40(2), 54–64. https://doi.org/10.58906/melati.v40i2.130

Octory, G., Khairunnisa, A. Z., & Martiadini, K. T. (2024). Penguatan Branding Pelaku UMKM Kuliner melalui Media Digital di Kampung Bencongan , Kabupaten Tangerang. 2(4), 449–456.

Pradana, N. W., & Sumiyana, S. (2023). Analisis Kebutuhan UMKM Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Penalaran Hierarki Maslow Secara Organisasional. ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 11(3), 260. https://doi.org/10.22146/abis.v11i3.85988

Purbohastuti, A. W. (2017). Vol. 12, No. 2, Oktober 2017. Ekonomika, 12(2), 212–231.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Putri, M. K., Rahman, J. S. F. M., Nursyifa, F. A., Alfarisi, S., Putro, T. G. S., & Agustin, R. (2019). Analisis Segmentasi Pasar Dalam Penggunaan Produk Viefresh Di Wilayah Sekitar Kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 16(2), 156–161. https://doi.org/10.30651/blc.v16i2.3133

Qarlina, C. D., Purwanto, & Fitri Wulandari. (2023). Pengaruh Media Sosial Sebagai Alat Promosi Terhadap Minat Peserta Didik di SMA Batik Surakarta. Technomedia Journal, 8(1SP), 82–91. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1sp.2054

Rachmad, Y. E., Asmara, M. A., Purwanto, H., Thamrin, J. R., Violin, V., Awang, M. Y., ... & Wibowo, S. E. (2023). Manajemen Pemasaran Digital Terkini (Perubahan Era Manajemen Pemasaran Kearah Digitalisasi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sianturi, R. D. (2020). Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 45–50. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i1.118

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., Latifah, R. N., Program, S., Manajemen, F., Ekonomi, D., Bisnis, U., Pamulang, K. T., Selatan, P., & Banten, I. (2024). MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production E-Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Mudrika Aqillah Sifwah, 2(1), 109–118.

SIMON, K. (2024). Digital 2024: Indonesia.

Sirodjudin, M., & Sudarmiatin. (2023). Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 20–35.

Utama, I. D. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital di Kota Bandung. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3829

Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi (Studi Kasus pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah di Kabupaten Bandung). Jurnal Ilmiah Manajemen, XIII No 1(E-ISSN : 2615-4978, P-ISSN : 2086-4620), 89–96. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/590/801

Wardhana, A. (2022). Strategi Digital Marketing. In Strategi Digital Marketing (Issue February). https://www.researchgate.net/publication/359467934_Strategi_Digital_Marketing

Wati, Andi Prasetyo & Martha, Jefry Aulia & Indrawati, A. (2020). DIGITAL MARKETING (Nadya Artha Fransiska (ed.)). Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019).

Wibowo, A. (2023). Analisis Pemasaran Digital.

Zakaria, R., Fahma, F., & Astuti, E. R. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran ( Segmentation , Targetting dan Positioning ) Koran Harian Solopos Berdasarkan Persepsi Konsumen. Performa, 4(1), 25–38.

Diterbitkan

24-01-2025

Cara Mengutip

Widianti, V. P., Hermawan, H., & Shulthoni, M. (2025). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Era Digital Marketing (Studi Kasus Di Food Court Kajen Kabupaten Pekalongan). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 45–51. https://doi.org/10.55049/jeb.v17i1.392

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 17 NOMOR 1 JANUARI 2025