Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Era Digital Marketing (Studi Kasus Di Food Court Kajen Kabupaten Pekalongan)
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v17i1.392Kata Kunci:
Pemasaran, UMKM, Digital MarketingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di era digital marketing pada masyarakat Kabupaten Pekalongan khusnya para pedagang yang ada di food courth Kajen. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatifkualitatif untuk menyelidiki bagaimana UMKM menggunakan pemasaran digital karena setiap vendor pasti memiliki perspektif yang berbeda. enis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara secara mendalam kepada penjual yang ada di food courth kajen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digitalisasi dan penggunaan media sosial memainkan peran penting dalam kesuksesan usaha kecil di Kabupaten Pekalongan. Pengusaha UMKM di food court Kajen telah mulai beradaptasi dengan strategi digital marketing, terutama melalui media sosial seperti Instagram dan TikTok untuk menjangkau lebih banyak konsumen, meningkatkan brand awareness, dan memperluas pangsa pasar.
Unduhan
Referensi
Amalia, N., Ghifari, S. W., Salsabiil, K. P., Erwindo, E., Arianto, N., & Sudaryana, Y. (2024). Manajemen Pemasaran dan Pentingnya Sosial Media untuk Produk UMKM Pondok Pesantren Assyifa Kecamatan Parung Bogor. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 4(2), 380–386. https://doi.org/10.37481/pkmb.v4i2.1061
Andrika, & Suroso, A. (2024). Pemberdayaan UMKM Melalui Pemasaran Digital : Pendekatan Praktis dan Strategis di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Masyarakat (PENGAMAS), 1(1), 68–80. https://journal.ppipbr.com/index.php/pengamas/article/view/249%0Ahttps://journal.ppipbr.com/index.php/pengamas/article/download/249/232
Arkandito, G. F., Maryani, E., Rahmawan, D., & Wirakusumah, T. K. (2019). Komunikasi Verbal Pada Anggota Keluarga Yang Memiliki Anak Indigo. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(1), 42–56. https://doi.org/10.24198/jmk.v1i1.9955
Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2008–2018. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2573
Dian Novita, S.E., M. M., Lia Febria Lina, S.E., M. S., & Berlintina Permatasari, S.P., M. M. (2023). Digital Marketing: STRATEGI KEBERLANJUTAN UMKM di Era Digital.
Dirbawanto, N. D., & Adlina, H. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Tingkat Penjualan di Era New Normal. Jurnal Ecogen, 5(1), 136. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i1.12844
Dita, P., Safitri, S., & Noviyanti, I. (2024). Analisis SWOT Menjadi Sebuah Alat Strategis Untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi: Studi UMKM Rumah Makan Pondok Rumbio. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 01–10. https://journal.admi.or.id/index.php/JEKMA/article/view/1333/1486
Dwijayanti, Y. W., & Hamidah, H. (2017). NIAT DAN PERILAKU WAJIP PAJAK ORANG PRIBADI MENGIKUTI PROGRAM TAX AMNESTY (STUDI FENOMENOLOGI). JURNAL AKUNTANSI UNIVERSITAS JEMBER.
Fadhillah, P., & Yuniarti, A. (2023). 27.+Pemberdayaan+UMKM+Ujunge+-+edited. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 291–298.
Firdausya, L. Z., & Ompusunggu, D. P. (2023). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Era Digital Abad 21. Tali Jagad Journal, 1(1), 16–20.
Haryanto, R., Setiawan, A., Nurhayati, R., Mertayasa, I. G. A., & Nugraha, A. R. (2024). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran di Era Society 5.0: Sebuah Literatur Review. Edunomika, 5(02), 1–10.
Hasan (2013). (2019). JBEE : Journal Business Economics and Entrepreneurship. Journal Business Economics and Entrepreneurship, 1(2), 1–8.
Karina Komariah, Olivia, E., & Barek, I. (2023). JURNAL RISET MANAJEMEN INDONESIA (JRMI) Analisis Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran di Era Digital dalam menghadapi Persaingan di UMKM Rajawali Persada Coffee. Juli, 5(3), 2023. https://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi
Khasanah. (2023). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Demagogi: Journal of Social Sciences, Economics and Education, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.61166/demagogi.v1i1.2
Komalasari, Y., Dewi, S. W. K., Sulastriningsih, R. D., Firmansyah, R., Mauliana, P., Hunaifi, N., & Wiguna, W. (2022). Pelatihan Segmentasi Pemasaran Digital Pasca Pandemi Covid-19 di Tjendana Food Point. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 66–71. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i2.2868
Munthe, A., M. Yarham, & Ridwana Siregar. (2023). Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 593–614. https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i3.321
Neneng Nurmalasari, & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Jurnal.Unigal.Ac.Id, volume 4(3), 543.
Nur Faizah, E., & Majid, A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm. Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 40(2), 54–64. https://doi.org/10.58906/melati.v40i2.130
Octory, G., Khairunnisa, A. Z., & Martiadini, K. T. (2024). Penguatan Branding Pelaku UMKM Kuliner melalui Media Digital di Kampung Bencongan , Kabupaten Tangerang. 2(4), 449–456.
Pradana, N. W., & Sumiyana, S. (2023). Analisis Kebutuhan UMKM Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Penalaran Hierarki Maslow Secara Organisasional. ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 11(3), 260. https://doi.org/10.22146/abis.v11i3.85988
Purbohastuti, A. W. (2017). Vol. 12, No. 2, Oktober 2017. Ekonomika, 12(2), 212–231.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Putri, M. K., Rahman, J. S. F. M., Nursyifa, F. A., Alfarisi, S., Putro, T. G. S., & Agustin, R. (2019). Analisis Segmentasi Pasar Dalam Penggunaan Produk Viefresh Di Wilayah Sekitar Kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 16(2), 156–161. https://doi.org/10.30651/blc.v16i2.3133
Qarlina, C. D., Purwanto, & Fitri Wulandari. (2023). Pengaruh Media Sosial Sebagai Alat Promosi Terhadap Minat Peserta Didik di SMA Batik Surakarta. Technomedia Journal, 8(1SP), 82–91. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1sp.2054
Rachmad, Y. E., Asmara, M. A., Purwanto, H., Thamrin, J. R., Violin, V., Awang, M. Y., ... & Wibowo, S. E. (2023). Manajemen Pemasaran Digital Terkini (Perubahan Era Manajemen Pemasaran Kearah Digitalisasi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sianturi, R. D. (2020). Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 45–50. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i1.118
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., Latifah, R. N., Program, S., Manajemen, F., Ekonomi, D., Bisnis, U., Pamulang, K. T., Selatan, P., & Banten, I. (2024). MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production E-Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Mudrika Aqillah Sifwah, 2(1), 109–118.
SIMON, K. (2024). Digital 2024: Indonesia.
Sirodjudin, M., & Sudarmiatin. (2023). Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 20–35.
Utama, I. D. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital di Kota Bandung. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3829
Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi (Studi Kasus pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah di Kabupaten Bandung). Jurnal Ilmiah Manajemen, XIII No 1(E-ISSN : 2615-4978, P-ISSN : 2086-4620), 89–96. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/590/801
Wardhana, A. (2022). Strategi Digital Marketing. In Strategi Digital Marketing (Issue February). https://www.researchgate.net/publication/359467934_Strategi_Digital_Marketing
Wati, Andi Prasetyo & Martha, Jefry Aulia & Indrawati, A. (2020). DIGITAL MARKETING (Nadya Artha Fransiska (ed.)). Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019).
Wibowo, A. (2023). Analisis Pemasaran Digital.
Zakaria, R., Fahma, F., & Astuti, E. R. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran ( Segmentation , Targetting dan Positioning ) Koran Harian Solopos Berdasarkan Persepsi Konsumen. Performa, 4(1), 25–38.