Penggunaan E-Wallet Sebagai Solusi Transaksi Digital Pada UMKM di Kabupaten Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v17i1.401Kata Kunci:
E-wallet, MSMEs, Digital TransactionsAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan e-wallet, persepsi pelanggan terhadap pembayaran dengan e-wallet, serta tantangan yang dihadapi dalam penerapan e-wallet di UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan para pelaku dan pelanggan UMKM di Kabupaten Pekalongan yang fokus pada usaha makanan dan minuman serta menggunakan e-wallet seperti OVO, GoPay, dan Dana sebagai metode pembayaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-wallet berperan penting dalam meningkatkan efisiensi transaksi dan kenyamanan pelanggan. Faktor kemudahan, keamanan, dan perubahan kebiasaan konsumen menjadi pendorong utama dalam penggunaan e-wallet oleh UMKM. Namun, beberapa tantangan masih dihadapi, seperti keterbatasan infrastruktur internet, biaya operasional, dan keraguan terhadap keamanan digital. Dengan kolaborasi antara pemerintah, UMKM, dan penyedia layanan, diharapkan adaptasi e-wallet dapat memperkuat daya saing UMKM dan berkontribusi pada perekonomian daerah
Unduhan
Referensi
Abrilia, N. D., & Tri, S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.
Al Farisi, S., Iqbal Fasa, M., & Suharto. (2022). Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73–84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9ino.1.307
Artini. (2019). Artini, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Uang Elektronik Pada Aplikasi OVO (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Islam Ta 2016-2017 UIN Sumatera Utara) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Jurnal.Uinsu.Ac.Id.
Aulia, S. (2020). Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital. Jurnal Komunikasi, 12(2), 311. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.9829
Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). Peran Dan Penggunaan Qris E-Wallet Linkaja Terhadap Peningkatan Omzet Usaha (Studi Kasus UMKM Mitra LinkAja di Kabupaten Banyumas). Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Bisnis, J. M., Perkembangan, B., Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara (1)(2)(3). 17(2). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Erwan, E. S., & Edi Setiawan. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana Pada Mahasiswa Di Kota Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(1), 129–140. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.822
Jayaningrum, V. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Dan Penggunaan Mobile Payment Pada Teknologi Pembayaran Ovo.
Maghfira. (2020). Faktor-Faktor yang mempengaruhi penggunaan sistem pembayaran GOPAY dan DANA.
Nawawi, H. H. (2020). Penggunaan E-wallet di Kalangan Mahasiswa. Emik, 3(2), 189–205. https://doi.org/10.46918/emik.v3i2.697
Purba, N., Ekonomi, F., Bisnis, D., Uin, I., Utara, S., & Yahya, M. (n.d.). Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis Dan Implementasinya. In Jpsb (Vol. 9, Issue 2).
Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet pada Mahasiswa STIE Bank BPD Jateng. Econbank: Journal of Economics and Banking, 2(2), 157–168. https://jurnal.stiebankbpdjateng.ac.id/jurnal/index.php/econbank/article/view/215
Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif (Issue 112).
Safarudin, A., Kusdibyo, L., & Senalasari, W. (2020). Faktor-Faktor Pembentuk Loyalitas Generasi Z dalam Menggunakan Financial Technology E-wallet. Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, 26–27.
Saputra, H., & Alfeisha, D. (2024). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Batik Pekalongan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 827–834. https://doi.org/10.61722/jiem.v2i2.1046
Sinaga, & Putri. (2020). Jurnal Rechts Vinding. Formulasi Legislasi Perlindungan Data Pribadi Dalam Revolusi Industri 4.0 Jurnal Rechts Vinding, 237.