Penjualan Nasi Goreng di Lingkungan Pondok Pesantren: Strategi, Inovasi dan Tantangannya
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v17i1.402Kata Kunci:
Penjualan Nasi Goreng, Pondok Pesantren, Strategi, Inovasi, TantanganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi, inovasi, dan tantangan penjualan nasi goreng di lingkungan pondok pesantren. Dengan pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi penjualan berbasis hubungan personal, lokasi strategis, harga terjangkau, dan porsi yang sesuai kebutuhan santri. Inovasi meliputi variasi menu, kemasan higienis, dan layanan pengantaran, meskipun terkendala modal dan sumber daya. Tantangan mencakup fluktuasi harga bahan baku, keterbatasan modal, serta aturan pesantren yang memengaruhi operasional. Dukungan dari pengelola pesantren dan komunitas diperlukan untuk keberlanjutan usaha. Studi ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan bisnis kuliner berbasis budaya pesantren serta menjadi referensi bagi pelaku usaha lainnya.
Unduhan
Referensi
Aryanti, A. N., & Utami, W. N. (2022). Strategi Inovasi Pada Industri Kreatif: Sebuah Upaya Pemulihan Bisnis Di Masa Pandemi Covid19. Image Jurnal Riset Manajemen, 11(1), 26–37. https://doi.org/10.17509/image.v11i1.38433
Asyari, A. H. Al. (2022). Tantangan Sistem Pendidikan Pesantren Di Era Modern. Risalatuna Journal of Pesantren Studies, 2(1), 127. https://doi.org/10.54471/rjps.v2i1.1572
Azharudin, D., & Sopingi, I. (2024). Upaya Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pesantren (Studi Kasus di Pondok Tahfidz Qur’an Al-Hasanah Bandung). Jurnal Ilmiah Nusantara, 1(5), 263–270. https://doi.org/10.61722/jinu.v1i5.2543
Eryc, E. (2023). Analisa Strategi Digitalisasi UMKM Food and Beverage Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Batam. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(4), 384–390. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i4.908
Faisal, A. S., Ma’ruf, M., Lita, R. P., & Hidayat, T. (2021). Mengukur Kinerja Pasar Melalui Elemen Inovasi Pada UKM Sektor Makanan Dan Minuman Di Kota Padang. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(2), 130–151. https://doi.org/10.26905/jmdk.v9i2.6078
Fitriani, F., & Andriana, A. N. (2024). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 3(1), 54–66. https://doi.org/10.58344/locus.v3i1.2415
Harsuti, & Muntahanah, S. (2022). Pengelolaan Modal Kerja Sebagai Salah Satu Upaya Untuk Menjaga Keberlanjutan Usaha. Wikuacitya Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 6–9. https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.4
Hermanzah, L. A., & Sopingi, I. (2022). “Strategy of Islamic Marketing: Studi Kasus Pada Pariwisata Religi.” JIES : Journal of Islamic Economic Studies, 3(3), 109–125. https://doi.org/10.33752/jies.v3i3.5870
Husni, T. Y., & Anugrah, A. M. A. (2023). Pendampingan Inovasi Packing Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Umkm Desa Gunung Riting. Semnas-PKM, 1(1), 245–249. https://doi.org/10.35438/semnas-pkm.v1i1.160
Hutajulu, L. M. V., Dieny, F. F., Probosari, E., & Tsani, A. F. A. (2022). Status Gizi Dan Anemia Kaitannya Dengan Kebugaran Tubuh Santriwati Di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Kota Semarang. Gizi Indonesia, 45(1), 23–34. https://doi.org/10.36457/gizindo.v45i1.568
Ibad, M., Handayani, D., & Masruroh, N. (2023). Revitalisasi Peran Santri Dalam Upaya Pencegahan Stunting Melalui Generasi Berencana (Genre) Di Lingkungan Pondok Pesantren Jabal Noer Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 452–460. https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1277
Ikhsanudin, W., Sopingi, I., & Kusuma, K. C. Y. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Religiusitas Nasabah Terhadap Minat Penggunaan Produk Pembiayaan di Bank Syariah. Nahdatul Iqtishadiyah: Jurnal Perbankan Syariah, 4(1), 13–22.
Inayati, M., Mulyadi, & Nurhadi, A. (2023). Analisis Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Pesantren Melalui Manajemen Humas. Journal Evaluasi, 7(2), 229–242. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i2.1631
Kandrio, & Muhdir. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Industri Jambu Mete Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 5(2), 77–85. https://doi.org/10.35326/jiam.v5i2.2654
Khairina, A., Aini, L., Musdalifah, R., Wahyuni, R. S., Agustia, Y., & Putra, R. B. (2022). Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Hasil Olahan Kentang Usaha Dagang Inyak Berbasis Inovasi Produk. Innovative Journal of Social Science Research, 2(1), 357–361. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3482
Meirani, MDK, H., & Karolina. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Di Depot Oleh-Oleh Adijel Kabupaten Kepahiang. Jurnal Economic Edu, 4(1), 11–17. https://doi.org/10.36085/jee.v4i1.5353
Mubaroq, W. S., Sopingi, I., & Asri, M. R. (2024). Admin Fees and Customer Needs on Transaction Decisions with Bank Muamalat Batu Malang. Al-Aghniya: Journal of Syariah Business Management, 1(1), 22–32. https://doi.org/10.58988/aghniya.v1i1.362
Nasution, M. (2022). Potensi Dan Tantangan Blue Economy Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia: Kajian Literatur. Jurnal Budget : Isu Dan Masalah Keuangan Negara, 7(2). https://doi.org/10.22212/jbudget.v7i2.136
Nisa, K., & Sopingi, I. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Emosional Marketing dan Spiritual Marketing terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan. JIES : Journal of Islamic Economics Studies, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.33752/jies.v1i1.197
Nurasyiah, M. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Umkm Warung Jepang Mami Ale Telagasari. Primer Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 322–330. https://doi.org/10.55681/primer.v1i3.151
Oktarina, Y., & Nurhusna. (2022). Pembinaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Sebagai Upaya Pengendalian Penyakit Skabies Di Lingkungan Pondok Pesantren. Jurnal Pelita Sriwijaya, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.51630/jps.v1i2.68
Perdana, A. T., Priambudi, A. P., Permana, A. A., Damayanti, A., Pertiwi, A., & Fahira, F. (2022). Sosialisasi Dan Pendampingan Inovasi Produk Olahan Tempe Menyehatkan Di Kampung Tempe Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 2(1), 185. https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1646
Putri, S. B. W., Indriani, S., & Sumanto. (2023). Penerapan Csi (Customer Satisfaction Index) Dan Strategi STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dan Omzet Penjualan. Jurnal Valtech, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.36040/valtech.v6i2.7353
Rahmanuzzahr, L., Setiyowati, S. W., & Irianto, M. F. (2024). Pengaruh Struktur Modal Profitabilitas Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi Dan Kewirausahaan, 15(01). https://doi.org/10.59188/covalue.v15i01.4427
Rani, G. M., Rahmawati, F., Nurdin, N., & Putri, R. D. (2023). Pengaruh Penerapan Strategi Digital Marketing, Inovasi Produk, Dan Modal Usaha Terhadap Pendapatan Pada Usaha Kuliner Di Kecamatan Rumbia Lampung Tengah. Journal of Social Education, 4(2), 103–113. https://doi.org/10.23960/jpsi/v4i2.103-113
Ridwan, M., Nurrobiyanto, Jahari, J., & Erihadiana, M. (2024). Optimalisasi Kemandirian Dan Jiwa Interpeunership Santri: Inovasi Manajemen Peserta Didik Di Pesantren Terpadu. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.62070/kaipi.v2i1.46
Rifardi, L. M. P., Sopingi, I., & Hidayati, A. (2024). Financial Technology Lending and Consumptive Attitude on Student Lifestyle. Journal of Economic and Islamic Research, 2(2 SE-Articles), 263–277. https://doi.org/10.62730/journalofeconomicandislamicresearch.v2i2.115
Rosidayanti, Sopingi, I., & Haryanti, P. (2023). Peningkatan Inklusi Keuangan Syariah melalui Penyaluran Dana Kepaada UMKM : Studi Kasus Pada BWM Tebuireng Jombang. IQTISADIE: Journal of Islamic Banking and Shariah Economy, 3(2), 165–180. https://doi.org/10.36781/iqtisadie.v3i2.474
Siswantoro. (2023). Penguatan Kompetensi Santri Melalui Pendidikan Kewirausahaan: Sebuah Literature Review. Jurnal Perspektif, 16(2), 187–198. https://doi.org/10.53746/perspektif.v16i2.123
Sobaroh, L., Sopingi, I., & Santoso, R. P. (2024). Analisis Pengaruh Label Halal dan Food Drug Administration terhadap Minat Beli Santriwati. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 6(3 SE-Articles), 417–429. https://doi.org/10.33752/bima.v6i3.6741
Sopingi, I. (2014). Etika Bisnis Menurut Al-Ghazali: Telaah Kitab Ihya’ ’Ulum Al-Din. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 10(2), 142–148. https://doi.org/10.18860/iq.v10i2.3223
Sopingi, I., Haryanti, P., & Santoso, R. P. (2024). Pengaruh Label Halal, Variasi Produk, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Minat Beli. Edunomika – Vol. 08, No. 01, 2024, 08(01), 5–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11648
Suffarruddin, S. H., Jaafar, M., & Rahman, S. (2021). Keupayaan Pelaksanaan Inovasi Produk Dalam Program Homestay Di Semenanjung Malaysia. Jurnal Pengurusan, 61(1), 1–14. https://doi.org/10.17576/pengurusan-2021-61-09
Syafari, M. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia Ramah Lingkungan. Equator Journal of Management and Entrepreneurship (Ejme), 10(03), 145. https://doi.org/10.26418/ejme.v10i03.54929
Syafi’i, A., Shobichah, S., & Mulyani, M. (2023). Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Pertumbuhan Dan Keunggulan Bersaing: Studi Kasus Pada Industri Makanan Dan Minuman. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 592–599. https://doi.org/10.58344/jii.v2i6.3140
Tamonob, A. M., & Manubulu, H. A. (2023). Pelatihan Manajemen Usaha, Labelling, Dan Pemasaran Produk Secara Digital Bagi Kaum Wanita Jemaat Gmit Betel Oesapa Tengah. Swarna Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(11), 1152–1155. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i11.1004
Tuharea, J., Yamarua, K., Bamatraf, Z. I., Eddy, S. M., Sehol, S. N. A., & Rumata, A. (2023). Sosialisasi Strategi Pemasaran Digital Pada Siswa Sma Negeri 31 Maluku Tengah. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 168–173. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.1.3.168-173
Ummah, F. F., Aji, T. S., & Sopingi, I. (2024). Utilitarianisme Islam dan Risiko Pengaruhnya terhadap Shopee Buyer Satisfaction. JIES : Journal of Islamic Economics Studies, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.33752/jies.v5i1.5909
Urrosyidah, U., & Alfi, I. (2022). Pemberdayaan Santri Dalam Meningkatkan Kemandirian Pangan Oleh Kelompok Santri Tani Millenial Di Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kabupaten Cilacap. ICODEV: Indonesian Community Development Journal,3(1), 1–9. https://doi.org/10.24090/icodev.v3i1.6435
Widodo, S., & Puspitasari, A. D. (2024). Peran Kompetensi Sumber Daya Manusia Untuk Mendorong Inovasi Produk Dan Kinerja UMKM. Eqien Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 13(02), 186–194. https://doi.org/10.34308/eqien.v13i02.1754
Yuliani, M., Sari, M. M., Isronijaya, M., Rivai, S. I., Daryanti, E., & Juarta, T. (2022). Pemberian Edukasi Kesehatan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Di Vila Quran Fathul Mubiin. Lumbung Inovasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 639–648. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.968