Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Target Penjualan dan Menghadapi Persaingan pada Mahadesa PT. GNE

Penulis

  • Komang Ayu Adista Triwikayani Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Komang Putre Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Gusti Ayu Putu Desinta Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v17i1.405

Kata Kunci:

Marketing strategy, sales target, competitors

Abstrak

Mahadesa merupakan anak perusahaan dari PT. Gerbang NTB Emas (GNE). Mahadesa dibentuk agar dapat memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai jenis kebutuhan tanpa harus keluar rumah, karena pemesanan dilakukan melalui sistem digital. Dalam menjalankan perusahaan pasti faktor utamanya agar bisnis yang dilakukan dapat berjalan lancar yaitu  strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan target penjualan serta menghadapi persaingan, strategi pemasaran sangat penting dalam mencapai tujuan atau target perusahaan. Permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi pemasaran pada Mahadesa PT. Gerbang NTB Emas dalam menghadapi pesaingan usaha dan mencapai target penjualan. Tujuannya yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan Mahadesa PT. Gerbang NTB Emas dalam dan kesesuaian strategi pemasaran yang digunakan dengan prinsip. Adapun hasil yang diperoleh pada penelitian ini Mahadesa PT. Gerbang NTB Emas menggunakan strategi yang biasa disebut bauran pemasaran yang dimana Angkringan Mbah Darsih sangat memperhatikan pada kualitas produk, kegiatan promosi, harga, dan tempat. Penelitian ini berjudul Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Target Penjualan dan Menghadapi Persaingan Mahadesa Di Pt. Gerbang Ntb Emas yang berlokasi di PT. Gerbang NTB Emas, yang beralamat di Jl. Selaparang No.60, Mayura, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.83239. Peneliti dalam hal ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan cara menggunakan proses pencarian data yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam hal ini penelitian membahas mengenai bagaimana . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan target penjualan dan menghadapi persaingan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ari Kadi, D. C., Fauzi, R. U. A., Riziq, K. A., Pamungkas, A., & Rossanto, S. A. R. (2021). Inovasi Strategi Pemasaran Sentra Industri Brem Madiun Dalam Menghadapi Persaingan di Masa Pandemi Covid 19. Indonesia Berdaya, 2(2), 87–95. https://doi.org/10.47679/ib.202161

Aris Pasigai, M. (n.d.). BALANCE : JURNAL ILMU EKONOMI STUDI PEMBANGUNAN PENTINGNYA KONSEP DAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS.

Cahyo, H., Setiawan, B., & Komara, B. D. (n.d.). THE ALTERNATIVE BLUE OCEAN STRATEGY: BAGAIMANA STRATEGI PERUSAHAAN INDUSTRI KOPI SANTRI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS? In JRE (Vol. 3, Issue 1). http://journal.umg.ac.id/index.php/jre

Muhammad Reza, H., Muhlisin, S., Gustiawati, S., & Ibn Khaldun Bogor, U. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Rumah Makan Dalam Menghadapi Persaingan Usaha: Studi Kasus Rumah Makan Angkringan Mbah Darsih, Kramat Jati, Jakarta Timur. 5, 50.

Nofiani, P. W., Mursid, C., & Mursid, M. C. (2021). PENTINGNYA PERILAKU ORGANISASI DAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI ERA DIGITAL. Jurnal Logistik Bisnis, 11(02). https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/logistik/index

Pitoy, C. V., Tumbel, A., Tielung, M., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2016). ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PERSAINGAN USAHA BISNIS DOCUMENT SOLUTION (STUDI KASUS PADA PT. ASTRAGRAPHIA, TBK MANADO) ANALISYS OF COMPATE STRATEGY IN THE BUSINESS OF DOCUMENT SOLUTION (CASE STUDY IN PT. ASTRAGRAPHIA, TBK MANADO). In Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi (Vol. 16, Issue 03).

Rohmah, K., & Badi’, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Pasar Pada Toko Roti Merah Delima Kediri Marketing Strategy Analysis in Facing Market Competition At the Merah Delima Bakery Kediri. 218 | At-Tamwil, 2(2). http://https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan

Soviyana, K., Kamila, M., Sugiyono, N., Adinugrah, H. H., Syariah, E., Ekonomi, F., Bisnis, D., Masuk, N., & Direvisi, N. (2022). STRATEGI PEMASARAN UMKM PRODUKSI TAHU DESA BATANG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR PENGUSAHA. Journal of Social Work and Empowerment, 2(1). https://ejournal.catuspata.com/index.php/joswae

Tarisa Aulia Ananda, Nabilla Kusuma Dewi, & Mohamad Zein Saleh. (2023). Fenomena Perubahan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(4), 98–107. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i4.2738

Zebua, D., Putri Farida Zebua, D., Elhan Gea, N., & Natalia Mendrofa, R. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI CV. BINTANG KERAMIK GUNUNGSITOLI MARKETING STRATEGY ANALYSIS IN INCREASING PRODUCT SALES IN CV. BINTANG KERAMIK GUNUNGSITOLI. 1299 Jurnal EMBA, 10(4), 1299–1307.

Diterbitkan

24-01-2025

Cara Mengutip

Triwikayani, K. A. A., Putre, K., & Desinta, G. A. P. (2025). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Target Penjualan dan Menghadapi Persaingan pada Mahadesa PT. GNE. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 124–129. https://doi.org/10.55049/jeb.v17i1.405

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 17 NOMOR 1 JANUARI 2025