PERAN KEPUASAN KERJA UNTUK MENGATASI GAP ANTARA KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN JAYAPURA

Penulis

  • Rahmi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v11i2.78

Kata Kunci:

Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja, Kinerja Aparatur Sipil Negara

Abstrak

Peran Kepuasan Kerja Untuk Mengatasi Gap Antara Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Jayapura.Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan kebutuhan pasti seiring diterapkannya otonomi daerah. Peningkatan kualitas Pegawai Negeri Sipil bertujuan untuk mengubah perilaku mereka menjadi lebih mampu melaksanakan aktivitas di segala bidang, karena pada dasarnya perilaku manusia dapat mempengaruhi setiap tindakan dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel komitmen organisasional terhadap kinerja aparatur sipil Negara melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh aparatur sipil negarapada Sekretariat Daerah Kabupaten Jayapura sebanayak 166 orang. Sedangkanteknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuhdimana seluruh pegawai dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalahStructural Equation Modeling(SEM) dengan bantuan program AMOS versi 24.Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Jayapura; (2) Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada Sekretariat Daerah Kabupaten Jayapura; (3) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Jayapura; (4) Kepuasan kerja dapat memediasi pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Jayapura

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurrahmat, F. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Akbar, F., Hamid, D., & Djudi, M. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Tetap PG Kebon Agung Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(2), 79–88.

Bernardin, H. J., & Russell, J. E. A. (1993). Human Resource Management: An Experiential Approach. New York: McGraw-Hill.

Darma, A. (2004). Manajemen Supervisi. Jakarta: Rajawali Press.

Fadhil, A., & Mayowan, Y. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan AJB Bumiputera. Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1), 40–47. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2215

Hartono, B., & Setiawan, R. (2013). Pengaruh Komitmen Organisasional Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Paparon’s Pizza City Of Tomorrow. Jurnal Agora, 1(1), 1–8.

Hasibuan, M. S. P. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kline, R. B. (2011). Principles And Practice Of Structural Equation Modeling (fourth). New York: The Guilford Press.

Kristine, E. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Melalui Motivasi Kerja Pegawai Alih Daya (Outsourcing) Di Pt. Mitra Karya Jaya Sentosa. Jurnal EKSEKUTIF, 14(2), 384–401.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mathieu, J. E., & Zajac, D. M. (1990). A review and meta-analysis of the antecedents, correlates, and consequences of organizational commitment. Psychological Bulletin, 108(2), 171–194. https://doi.org/10.1037/0033-2909.108.2.171

Mekta, H. Q., & Siswanto, S. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT . Indra Kelana Yogyakarta. Jurnal Profita, 2(1), 1–8.

Novita, N., Sunuharjo, B., & Ruhana, I. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Jatim Selatan, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 34(1), 38–46.

Priyatno, D. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi (12th ed.; D. Sunardi, ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Sopiah. (2008). Budaya organisasi, komitmen organisasional pimpinan dan pengaruhnya terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan bank. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 12(2), 308–317.

Sugiyono, S. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suryahadi, Y. W. (2015). Pengaruh Komitmen Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lukas Tours Dan Travel. Agora, 3(2), 625–630.

Susanti, S., & Palupiningdyah, P. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan TurnOver Intention Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 5(1), 77–86.

Diterbitkan

29-01-2021

Cara Mengutip

Rahmi, R. (2021). PERAN KEPUASAN KERJA UNTUK MENGATASI GAP ANTARA KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN JAYAPURA. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 22–32. https://doi.org/10.55049/jeb.v11i2.78

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 11 NOMOR 2 JANUARI 2021