Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Yahukimo memiliki potensi SDM dalam kapasitas yang beragam untuk menjalankan berbagai fungsi kegiatan Pemerintahan. Organisai juga harus menjalankan fungsi sosial secara internal dan eksternal untuk menjamin kesejahteraan para anggotanya yang juga berdampak pada kelangsungan hidup.

Hal tersebut berkaitan dengan permasalahan yaitu terjadi ketidakpuasan dari Pegawai terhadap kinerja dari pimpinan dalam hal komunikasi yang masih rendah yang diakibatkan oleh kurang informatifnya delegasi tugas ke bawahan. Pemimpin yang berorientasi peningkatan kemampuan berfokus pada pengembangan keterampilan-keterampilan Pegawai untuk meningkatkan kualitas kinerja Pegawai. Pemimpin yang mempunyai orientasi peningkatan kemampuan lebih tampak seperti pelatih yang berfokus pada meningkatkan keterampilan dan kemampuan Pegawai. Pemimpin yang berorientasi peningkatan kemampuan meliputi menspesifikasi apa yang harus dilakukan untuk melakukan tugas-tugas secara efektif kepada Pegawai, memonitor kemajuan dan memberi Pegawai umpan balik yang sesuai dengan kemampuannya, hal tersebut mampu meningkatkan komitmen yang kuat untuk tetap menjadi bagian dari organisasi dan berusaha untuk meningkatkan kinerjanya sebagai umpan balik yang diberikan Pegawai atas peran dan perhatian yang diberikan pimpinannya.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Secara bersama-sama variabel Kepemimpinan, Pengembangan Karier dan Komitmen secara Simultan terhadap kinerja pegawai pada dinas Pariwisata di Kabupaten yahukimo. Artinya jika ketiga variabel tersebut dapat dilaksanakan dan berjalan dengan baik maka mampu meningkatkan prestasi dalam kinerja pegawai pada dinas pariwisata di Kabupaten Yahukimo semakin lebih baik kedepannya. Secara partial baik variabel Kepemimpinan, Pengembangan Karier dan Komitmen secara Simultan terhadap kinerja pegawai pada dinas Pariwisata di Kabupaten yahukimo. Hal ini mengindikasikan bahwa kepemimpinan, komitmen organisasi dan pengembangan karier akan dapat memberikan suatu dorongan bagi para pegawai untuk melakukan tugas dan tanggung jawab dengan baik sehingga dapat menghasilkan kinerja pegawai yang baik pula.

Faktor yang dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada dinas Pariwisata di Kabupaten yahukimo adalah variabel  kepemimpinan, karena dengan kepemimpinan yang baik maka dapat memberikan prestasi kerja bagi dinas pariwisata sehingga para pegawai mampu dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik pula.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Komitmen, Pengembangan Karier dan Kinerja

Diterbitkan: 2020-09-25