Sineng Silak dan John Agustinus PENGARUH KEPEMIMPINAN, PENGEMBANGAN KARIER DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PARIWISATA KABUPATEN YAHUKIMO
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Yahukimo memiliki potensi SDM dalam kapasitas yang beragam untuk menjalankan berbagai fungsi kegiatan Pemerintahan. Organisai juga harus menjalankan fungsi sosial secara internal dan eksternal untuk menjamin kesejahteraan para anggotanya yang juga berdampak pada kelangsungan hidup.
Hal tersebut berkaitan dengan permasalahan yaitu terjadi ketidakpuasan dari Pegawai terhadap kinerja dari pimpinan dalam hal komunikasi yang masih rendah yang diakibatkan oleh kurang informatifnya delegasi tugas ke bawahan. Pemimpin yang berorientasi peningkatan kemampuan berfokus pada pengembangan keterampilan-keterampilan Pegawai untuk meningkatkan kualitas kinerja Pegawai. Pemimpin yang mempunyai orientasi peningkatan kemampuan lebih tampak seperti pelatih yang berfokus pada meningkatkan keterampilan dan kemampuan Pegawai. Pemimpin yang berorientasi peningkatan kemampuan meliputi menspesifikasi apa yang harus dilakukan untuk melakukan tugas-tugas secara efektif kepada Pegawai, memonitor kemajuan dan memberi Pegawai umpan balik yang sesuai dengan kemampuannya, hal tersebut mampu meningkatkan komitmen yang kuat untuk tetap menjadi bagian dari organisasi dan berusaha untuk meningkatkan kinerjanya sebagai umpan balik yang diberikan Pegawai atas peran dan perhatian yang diberikan pimpinannya.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Secara bersama-sama variabel Kepemimpinan, Pengembangan Karier dan Komitmen secara Simultan terhadap kinerja pegawai pada dinas Pariwisata di Kabupaten yahukimo. Artinya jika ketiga variabel tersebut dapat dilaksanakan dan berjalan dengan baik maka mampu meningkatkan prestasi dalam kinerja pegawai pada dinas pariwisata di Kabupaten Yahukimo semakin lebih baik kedepannya. Secara partial baik variabel Kepemimpinan, Pengembangan Karier dan Komitmen secara Simultan terhadap kinerja pegawai pada dinas Pariwisata di Kabupaten yahukimo. Hal ini mengindikasikan bahwa kepemimpinan, komitmen organisasi dan pengembangan karier akan dapat memberikan suatu dorongan bagi para pegawai untuk melakukan tugas dan tanggung jawab dengan baik sehingga dapat menghasilkan kinerja pegawai yang baik pula.
Faktor yang dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada dinas Pariwisata di Kabupaten yahukimo adalah variabel kepemimpinan, karena dengan kepemimpinan yang baik maka dapat memberikan prestasi kerja bagi dinas pariwisata sehingga para pegawai mampu dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik pula.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Komitmen, Pengembangan Karier dan Kinerja
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Lisensi Dokumen:
Copyright © 2016-2020 ejurnal.stie-portnumbay.ac.id
Seluruh dokumen di ejurnal.stie-portnumbay.ac.id dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari ejurnal.stie-portnumbay.ac.id.
Referensi
Adler, Nancy J, (1992), International Dimension of Organizational Behavior, Wadswot Publishing Co. Belmont, California
Applebaum, H Steven, Heather Ayre and Barbara T Shapiro, (2001), “Career Management in Information Technology: A Case Study,” Career Development International 7/3, 142-158
Armstrong, Michael, 1993, Hand Book of Personnel Management Practice, Kopan Page Ltd, London
Augusty Ferdinand, (2000), “ Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Stratejik “, Research Paper Series, No.1,p.1-55
Augusty Ferdinand, (2000),“ Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen :Aplikasi Model-model rumit dalam Penelitian untuk tesis S-2 dan disertasi S-3”, Badan Penerbitan Universitas Diponegoro
Blau, B.A and Boal, B.K, 1987, “Conceptualizing How Job Involvement and Organizational Commitment Affect Turnover and Absenteism,” Academy of Management Review, 12, 288-302
Brower, Michael J., 1995, “Empowering Teams: what, why, and how”, Empowerment in Organizations”, MCB University Press, Vol.2, p.13-25
Burton, James P; Lee, Thomas W; Holtom, Brooks C, 2002, “The Influence of Motivation to Attend, Ability to Atend, and Organizational Commitment on Different Types of Absence Behaviours,” Journal of Managerial Issues, Summer, 2002, p:181-197
Chalagalla, Goutam N and Tasadaduq A Shervani (1996), “Learning and Leadership of Salespeople: The Role of Supervisors, Journal of Marketing Research, Vol XXXV, May, 267-274
Cianni, Mary, dan Donna Wnuck, (1997), “ Individual Growth and Team Enhancement: Moving Toward a New Model of Career Development,” Academy of Management Excecutive, Vol 11, No.1, 1997
Cooke, Ernest, F, 1999, “Control and Motivation in Sales Management Through The Compensation,” Journal of Marketing Theory and Practice, 1999
Cooper, D.R and Emory, C.W, (1995), Bussiness Research Methods, Fifth Edition, USA: Richard D. Irwin, Inc.
Dessler, Gary, 1986, Manajemen Personalia: Teknik dan Konsep Modern, Terjemahan, Edisi Ketiga, Penerbit Erlangga, Jakarta
Fuad Mas’ud, 2004, Survai Diagnosis Organisasional (Konsep dan Aplikasi), Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gibson, James L et al, 1988, Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur, Proses, Edisi Keempat, Terjemahan, Erlangga, Jakarta
Glen, Paul, 2003, “Job Satisfaction is Highly Overrated?,” Computerworld, Vol.37, November, 2003, p:42
Gujarati, Damodar N, 1995, Basic Econometrics. Singapore: Mc Graw Hill, Inc. Handoko, H, (1998), “Implementasi TQM di perguruan Tinggi,” Makalah disajikan pada seminar akademik dalam rangka dies Natalis ke XXXI AKS TARAKANITA Yogyakarta pada tanggal 28 Maret.
HM. Hadari Nawawi, dan HM. Martini Nawawi, 1990, Administrasi Personel: Untuk Peningkatan Produktivitas Kerja, Cetakan Pertama, C.V, Haji Mas Agung, Jakarta
Kohli, Ajay K, Tasadaduq A Shervani and Goutam N Chalagalla (1998), “Learning and Performance Orientation of Salespeople: The Role of Supervisors, Journal of Marketing Research, Vol XXXV, May, 267-274
Kotler, Philip, 1996, Manajemen Pemasaran, Penerbit Erlangga Laporan Tahunan Dinas Pariwisata Kabupaten Yahukimo, 2004
Luthan, F, 1992, Organizational Behavior, Seventh Edition, Mc-Graw-Hill, New York McNeese-Smith, Donna, 1996, “Increasing Employee Productivity, Job Satisfaction, and Organizational Commitment,” Hospital & Health Services Administration, Vol. 41, No. 2, p. 160 – 175
Porter, Michael E, 1993, Keunggulan Bersaing, Penerbit Erlangga Richard Hutagaol, 2002, Analisis Pengaruh Budaya Perusahaan Dan Sikap Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Sumber Daya Manusia, Tesis UNDIP Yang Tidak Dipublikasikan
Robbins, Stephen P, 1996, Organizational Behaviour Concept, Controversiest, Applications, Prentice Hall. Inc, Englewoods Cliffs
Shoemaker, Mary E, 1999, “Leadership Practice in Sales Managers Associated with the Self-Efficiacy, Role Clarity and Job Satisfaction of Indovidual Industrial Salespeople, Journal of Personal Selling and Sales Management, Vol.XIX, Number 4 (Fall, 1999).
Singgih, Santoso, 1999, SPSS ( Statistical Product and Service Solutions). Penerbit PT. Elex Media Komputindo-Kelompok Gramedia .Jakarta.
Stumpf, Stephen A and Nancy M Hanrahan (1983), “Designing Organizational Carreer Management Practices to Fit Strategic Management Objectives,” Improving, 326-347
Yeung, Arthur; Patricia Woolcock and John Sullivan, 1998, “Identifying and Developing HR Competencies For The Future,” Human Resource Planning
Youndt, Mark A., Scott A. Snell, James W. Dean, Jr., and, David P. Lepak (1996) “ Human Resources Management, Manufacturing Strategy, and Firm Performance “, Academy of Management Journal, Vol.39,p.836-866