Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Virtual Reality Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v14i2.186Kata Kunci:
Pengembangan Aplikasi Pembelajaran,, Teknologi Virtual Reality (VR),, Motivasi,, Hasil Belajar SiswaAbstrak
Pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi virtual reality (VR) telah menjadi fokus utama dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah menengah. Dalam studi ini, kami mengevaluasi aplikasi pembelajaran VR baru yang dirancang untuk meningkatkan pembelajaran dan keterlibatan siswa di kelas. Aplikasi ini menggabungkan elemen VR, seperti interaksi 3D, simulasi, dan kehadiran virtual yang memungkinkan siswa untuk merasakan lingkungan pembelajaran yang lebih realistis dan menarik. Metode pengembangan aplikasi ini melibatkan proses pengumpulan informasi dari berbagai sumber, termasuk ahli pendidikan, pengembang VR, serta siswa dan guru di sekolah menengah. Hasilnya adalah sebuah aplikasi pembelajaran VR yang menawarkan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif, serta mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental dengan pengambilan sampel secara purposive. Dalam penelitian ini, dibandingkan antara kelompok eksperimen yang menggunakan aplikasi pembelajaran VR dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan aplikasi pembelajaran VR memiliki motivasi yang lebih tinggi dan hasil belajar yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Kesimpulannya, pengembangan aplikasi pembelajaran VR untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah menengah adalah solusi yang efektif dan inovatif. Aplikasi ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih realistis.
Unduhan
Referensi
Chen, Y. H., & Cheng, S. Y. (2018). The application of virtual reality in science education: A meta-analysis. Educational Research Review, 24, 246-259.
Kim, S., & Lee, J. (2018). The effectiveness of virtual reality in education: A meta-analysis. Computers & Education, 123, 14-32.
Li, L., Li, R., Liang, J., Li, Y., & Cao, L. (2020). A review of virtual reality technology in education: Advantages, disadvantages, and potential applications. Journal of Physics: Conference Series, 1529(1), 012039.
Oktar, C., Yilmaz, R. M., & Aydin, S. (2019). Virtual reality applications in education: A literature review. Educational Technology & Society, 22(2), 59-74.
Lu, J., Yu, C. S., & Liu, C. (2019). A review of the application of virtual reality technology in education. International Journal of Distance Education Technologies, 17(4), 1-18.
Wu, H. K., Lee, S. W. Y., Chang, H. Y., & Liang, J. C. (2013). Current status, opportunities and challenges of augmented reality in education. Computers & Education, 62, 41-49.
Yildirim, S. (2019). An overview of the use of virtual reality in education. Journal of Education and Practice, 10(6), 116-121.
Zhang, X., & Chen, L. (2020). Virtual reality-based learning environments: A review of literature. Educational Technology & Society, 23(1), 1-15.
Kavanagh, S., Luxton-Reilly, A., Wuensche, B., & Plimmer, B. (2017). Immersive virtual reality applications in education: A taxonomy and descriptive review. Journal of Educational Technology & Society, 20(1), 1-11.
Siti-Nabiha, A. K., & Tahir, N. M. (2019). Virtual reality in education: A systematic review of the past and future. Educational Research Review, 27, 180-195.