Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Loyalitas Karyawan Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v16i1.269Kata Kunci:
Kompensasi, Motivasi, Komitmen Organisasional, Loyalitas KaryawanAbstrak
Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis pengaruh kompensasi terhadap loyalitas; untuk menganalisis Pengaruh kompensasi terhadap loyalitas yang dimediasi oleh komitmen organisasional; untuk menganalisispengaruh motivasi terhadap Loyalitas; dan untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap loyalitas yang dimediasi oleh komitmen organisasional pada PT. Tandan Sawita Papua. Hasil pengujian menunjukkan bahwa : 1) Pengaruh kompensasi terhadap loyalitas Karyawan pada PT. Tandan Sawita Papua Kabupaten Keerom menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan. 2) Pengaruh kompensasi terhadap loyalitas yang dimediasi oleh komitmen organisasional pada PT. Tandan Sawita Papua Kabupaten Keerom menunjukkan bahwa, secara tidak langsung kompensasi tidak berpengaruh singnifikan terhadap loyalitas karyawan dengan demikian komitmen organisasional tidak memediasi hubungan kompensasi terhadap loyalitas karyawan. 3) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan PT. Tandan Sawita Papua Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom. Dan 4) Pengaruh motivasi terhadap loyalitas yang dimediasi oleh komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan pada PT. Tandan Sawita Papua Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom.
Unduhan
Referensi
Burton, James P; Lee, Thomas W; Holtom, Brooks C, 2002, “The Influence of Motivation to Attend, Ability to Attend, and Organizational Commitment on Different Types of Absence Behaviors”, Journal of Managerial Issues, Summer, p. 181-197
Dewi, Utami dan Adnyani, Dewi.(2014). Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasional pada PT. Bali Marine Walk. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Udayana Bali
Dessler, Gary. 2015. Human Resource Management (14 29th edition). Jakarta :Salemba Empat.
Fuad Mas’ud, 2004, Survai Diagnosis Organisasional, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
George, J. M., & Jones, G. (2005).Understanding and managingorganizational behavior. New Jersey: Upper Saddle River.
Hasibuan, Melayu SP. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi
Hanggraeni, D (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia.Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Cetaka ke – 1
Hasibuan, P., S., Malayu. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jae, Moon M, 2000, “Organizational Commitment Revisited in New Public Management”, Public Performance & Management Review, Vol. 24, No.2
Kasenda, Ririvage. (2013). Kompensasi dan Motivasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bangun Wenang Beverages Company Manado. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sam Ratulangi. ISSN 2303-1174. Hal 1-7.
Mathis, Robert L dan Jackson, John H. 2006.Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 10.Jakarta : Salemba Empat.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mondy, R Wayne. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia(jilid 2) , Edisi Kesepuluh, Penerjemah Bayu Airlangga, Jakarta : Erlangga.
Murty, Harry, dan Srimulyani, Veronika. (2013). Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Pegawai dengan Variabel Pemediasi Kepuasan Kerja pada PDAM Kota Madiun.Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi.
Mowday, R. T., R. M. Steers and I. W. Porter, 1979, “The Measurement of Organizational Commitment”, Journal of Applied Psychology, 84, p. 408-414
Putra, Juris, dkk. (2014). Pengaruh Kompensasi, Kepuasan dan Motivasi terhadap Komitmen Pegawai Negeri Sipil di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Jember. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Jember.
Priansa, Donni Juni. (2016). Perencanaan & Pengembangan SDM. Cetakan Kedua. Bandung: Alvabeta.
Rachmawati, Ike Kusdyah. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi
Rivai, Veithzal. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Edisi Kedua, Rajawali Pers, Jakarta. Revisi Cetakan Keenambelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Robbins, Stephen. 2012. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Steers, R.M dan Porter, L.W. 1983.Motivational and Work Behaviour. New York : Mc Graw Hill Book Company.
Tansuhaj, Patriya., Donna, Randall & Jim, McCullough, 1998, “A Service Marketing Management Model: Integrating Internal and External Marketing Function”, The Journal of Service Marketing, Vol. 2, No.3
Tielung, Jaclyen. (2013). Pemberdayaan Karyawan, Motivasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. PLN (Persero) Wilayah VII Manado. Jurnal EMBA.
Utomo., J., dan Suwardi., (2011), Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Setda Kabupaten Pati), Analisis Manajemen, 5(1).
Vest M. J., Scott K.D., and Markham S.E., 1994, “Self Rated Performance and Pay Satisfaction, Merit Increase Satisfaction and Instrumentally Beliefs In A Merit Pay Environment”, Journal of Business and Psychology, Vol. 9, No.2, p. 171 – 181
Wibowo (2010), Manajemen Kinerja, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Wibowo.(2014, April).Manajemen kinerja. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.