Pengaruh Sistem Pembayaran Non Tunai, Kemnfaatan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Konsumen Bertransaksi Melalui Quick Response Code Indonesia Standar di Karesidenan Madiun

Penulis

  • Silvia Apriliana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Ponorogo
  • Shinta Maharani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.310

Kata Kunci:

QRIS, Sistem Pembayaran Non Tunai, Kemanfaatan, Kemudahan, Keputusan Konsumen

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang keputusan konsumen bertransaksi melalui QRIS yang dapat memudahkan konsumen dalam bertransaksi. Tujuan dari penelitian adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh sistem pembayaran non tunai, kemanfaatan, kemudahan, serta sistem pembayaran, kemanfaatan dan kemudahan secara simultan terhadap keputusan konsumen bertransaksi melalui QRIS. Sampel dari penelitian ini adalah konsumen di Karesidenan Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 97 responden. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pembayaran non tunai berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen bertransasksi melalui QRIS, kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen bertransasksi melalui QRIS, kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen bertransasksi melalui QRIS. Sistem pembayaran non tunai, kemanfaatan dan kemudahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadapa keputusan konsumen bertransasksi melalui QRIS sebesar 0,512 atau 51,2%.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Silvia Apriliana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Ponorogo

 

 

Shinta Maharani, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Ponorogo

 

 

Referensi

Edbert Juan, Lilik indrawati. “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Melakukan Pembayaran Menggunakan Qris.” Jurnal Manajemen 2, no. 1 (2023): 313–325.

Febriaty, Hastina. “Pengaruh Sistem Pembayaran Non Tunai Dalam Era Digital Terhadap Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia” 6681 (2018): 306–313

Free D, Davis. "“Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology.” MISS Quarterly 13, no. 3 (1989):319-340.

Hayati, Fitri, Riri Zulvira, and Nurhizrah Gistituati. “Lembaga Pendidikan : Kebijakan Dan Pengambilan

Keputusan” 6, no. 1 (2021): 100–104.

Jogiyanto. Sistem informasi keperilakuan edisi revisi. Yogyakarta: andi offset. 2007.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga. 2009.

Malihah, Lola, Muhammad Yulian, Muhammad Adi, Riswan Al, and Rizqi Amalia. “Analisis SWOT Terhadap Motivasi Penggunaan Transaksi Non Tunai ( E- Money Syariah ) Oleh Pelaku UMKM ( Studi Pada Pelaku UMKM Di Sekitar Lingkungan Kampus IAI Darussalam Martapura )” 1, no. 2 (2021): 89–99.

Paramita, Salsabila Wahyu. “Pengaruh Faktor Persepsi, Sosialdemografi Dan Keuangan Terhadap Preferensi Masyarakat Dalam Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai ( Studi Kasus Pada Pengguna Apmk Dan Uang Elektronik Di Kota Malang )” (2018).

Prastyaningtyas, Efa Wahyu, Nila Dwi Aprilia, Surryanto Djoko Waluyo, Herlina J R Saragih, Ekonomi Pertahanan, Fakultas Manajemen Pertahanan, L. Hadi Adha, et al. “Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia the Development of Indonesia ’ S Digital Economy.” Jurnal Lentera Bisnis 1, no. 2 (2018): 245–259.

Putri, Novianti Indah, Zen Munawar, and Rita Komalasari. “Minat Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Pasca Pandemi.” Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi (SISFOTEK) ke 6 (2022): 155–160.

Rustanto, Agung Edi, Iis Kartini, Sistem Pembayaran, and Non Tunai. “Efektivitas Pembayaran Non Tunai Pada Umkm Daerah Aliran Sungai Citarum.” Jurnal Lentera Bisnis 8, no. 2 (2019): 1–11.

Venkatesh, Viswanath & Davis, Fred D. “ A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies.” Management Science 46. no. 2 (2000):185-204.

Diterbitkan

22-07-2024

Cara Mengutip

Apriliana, S., & Maharani, S. (2024). Pengaruh Sistem Pembayaran Non Tunai, Kemnfaatan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Konsumen Bertransaksi Melalui Quick Response Code Indonesia Standar di Karesidenan Madiun. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 101–108. https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.310

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 16 NOMOR 2 JULI 2024