Rancangan Model Bisnis Chamomile Patch

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.55049/xc1jca86

Kata Kunci:

Business Model Canvas (BMC), BMC, Chamomile, Plester Transdermal, Terapi Herbal, Value Proposition Canvas (VPC), VPC

Abstrak

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang paling umum dan dapat menurunkan kualitas hidup, konsentrasi, serta produktivitas seseorang. Chamomile (Matricaria chamomilla L.) dikenal memiliki efek sedatif, ansiolitik, dan antiinflamasi yang mendukung kualitas tidur yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang model bisnis chamomile patch. Metode penelitian menggunakan survei kepada konsumen potensial dan pakar akademisi bidang farmasi. Metode analisis menggunakan Business Model Canvas (BMC) dan Value Proposition Canvas (VPC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmen konsumen usaha ini adalah mahasiswa, pekerja, ibu rumah tangga yang memiliki anak, orang yang mengelami gangguan tidur. Value yang ditawarkan produk ini adalah fungsional meredakan demam, memberikan efek rasa tenang, berbahan natural dan praktis. Usaha ini menarik dikembangkan karena memiliki potensi pasar yang tinggi

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Akinci, A. C., & Yildiz, H. (2017). Effects of aromatherapy using lavender and chamomile essential oils on sleep quality in elderly people: A randomized controlled trial. Complementary Therapies in Medicine, 35, 109–114. https://doi.org/10.1016/j.ctim.2017.09.006

Chandra, D., Ritonga, A. H., & Manik, T. R. A. (2022). Penyuluhan Akan Pengolahan Chamomile Menjadi Teh Kantong Kemasan Sebagai Antioksidan.

Gheartha, I. (2021). Pengembangan Produk Inovasi Dari Corporate Innovation Lab Di Industri Telekomunikasi Menggunakan Metode Innovation Readiness Level Dan Quality Function Deployment (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Juwita, D., Nulhakim, L., & Purwanto, E. (2023). Hubungan Kecemasan Dengan Insomnia Pada Pralansia Dan Lansia Hipertensi Di Posyandu Lansia Desa Tengkapak Kabupaten Bulungan. Aspiration of Health Journal, 1(2), 240–251.

Nizza, B. N. P. A. F., & Adjie, N. R. K. S. (n.d.). Innovation to increase MSME tenants through Value Proposition Canvas (VPC) approach: Inovasi peningkatan tenant UMKM melalui pendekatan Value Proposition Canvas (VPC).

Sari, M. (2024). Pengaruh Kombinasi Relaksasi Otot Progresif dan Aromaterapi Chamomile Terhadap Kualitas Tidur Pasien Gagal Ginjal Kronik di Ruang Hemodialisis RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun).

Setiawati, I. (2020). Strategi pengembangan usaha garam rebus di Kabupaten Brebes. OSF Prints.

Setiawati, I., Sari, A. R., & Muflihah, E. (2023). Perancangan Model Bisnis Berdasarkan Analisis Pasar Pada Inovasi Produk Sabun Ramah Lingkungan. Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS, 3(1), 208-213.

Setiawati, I., Soemanto, B., Syahrullah, Y., & Widyarini, I. (2022). Rancangan Model Bisnis Sabun Cuci Ramah Lingkungan Business Model of Dish Soap Ecofriendly. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(1), 291-300.

Setiawati, I., Nafingah, S., Zahra, R. A., Trilatifah, F., Musyarifah, M., & Sejati, R. A. (2024). Analisis pasar dan finansial sebagai penentu keberlanjutan usaha mouthwash tablet berbahan alami. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 10(2), 3671-3679.

Setiawati, I., Sularso, K. E., Pramono, T. B., & Satriani, R. (2021). FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KULINER KABUPATEN BREBES. Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS, 1(1), 73-80.

Setiawati, I., Syahrullah, Y., Jati, T. P., & Kusnaman, D. (2022, March). Diversifikasi Produk Garam Rebus Fortifikasi Kelor pada Kelompok Usaha Garam Rakyat Mekarsari, Desa Pandansari, Kec. Brebes. In Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed (Vol. 11, No. 1).

Suwandi, M. H., Hasun, F., & Pulungan, M. A. (2024). Perancangan Value Proposition Canvas untuk Produk Layanan Digitalisasi UMKM PT XYZ. MES Management Journal, 3(3), 772–789.

Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Canvas. MBIA, 19(3), 320–330. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia/article/view/1177

Syahidin, D., Asyrani, Z. T., Syahidan, K. A., & Herdianto, R. (2024). Kualitas Tidur dan Kesehatan Mental: Kajian Pustaka Sistematis di Lingkungan Pondok Pesantren. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(1), 1–10.

Wijayanti, N., & Hidayat, H. H. (2020). Business Model Canvas (BMC) sebagai Strategi Penguatan Kompetensi UMKM Makanan Ringan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jurnal Agroindustri Halal, 6(2), 114–12

Zick, S. M., Wright, B. D., Sen, A., & Arnedt, J. T. (2011). Preliminary examination of the efficacy and safety of a standardized chamomile extract for chronic primary insomnia: A randomized placebo-controlled pilot study. BMC Complementary and Alternative Medicine, 11, 78. https://doi.org/10.1186/1472-6882-11-78.

Diterbitkan

2025-07-28

Terbitan

Bagian

JEB Vol 17 No 2 Juli 2025

Cara Mengutip

Rancangan Model Bisnis Chamomile Patch. (2025). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 105-113. https://doi.org/10.55049/xc1jca86

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama