Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BNI 46 Kantor Kas Wamanggu Di Kabupaten Merauke
DOI:
https://doi.org/10.55049/z7zvzk51Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Bank BNI 46Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank BNI 46 Kantor Kas Wamanggu di Kabupaten Merauke. Kualitas pelayanan merupakan faktor penting dalam menjaga loyalitas dan kepuasan nasabah terhadap suatu lembaga perbankan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BNI 46 Kantor Kas Wamanggu, dengan sampel sebanyak 38 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana, uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik (autokorelasi, heteroskedastisitas, dan multikolinearitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, yang ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 3,285 > ttabel sebesar 1,688 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Dengan demikian, peningkatan kualitas pelayanan dapat secara langsung meningkatkan kepuasan nasabah terhadap layanan Bank BNI 46 Kantor Kas Wamanggu.
Unduhan
Referensi
Assauri, Sofjan. (2003). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gujarati, Damodar N. (1991). Basic Econometrics. New York: McGraw-Hill.
Irawan, Handi. (2008). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Ismail, Muhammad. (2010). Perbankan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management (13th Edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.