Analisis Pengaruh Keunggulan, Kekuatan dan Keuanikan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya Pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Jayapura
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v14i2.120Kata Kunci:
Brand Image, Keunggulan, Kekuatan, Keunikan, MerekAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pengarauh keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, kenunikan asosiasi merek secara parsial terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Agya pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Jayapura.2) Untuk mengetahui pengarauh keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, kenunikan asosiasi merek secara simultan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Agya pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Jayapura. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 orang pengguna mobil Toyota Agya di Jayapura. Hasil Penelitian menujukkan 1) variabel keunggulan asosiasi merek (X1) secara parsial nilai t hitung 4,594 > t tabel 1,644 dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05, variabel kekuatan asosiasi merek (X2) dengan nilai t hitung 2,803 > t tabel 1,644 dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 dan keuanikan asosiasi merek (X3) dengan nilai t hitung 2,553 > t tabel 1,644 dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. Dengan demikian secara parsial ketiga variabel bebas dalam penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyot Agya pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Jayapura. 2) Secara simultan, variabel keunggulan asosiasi merek (X1), kekuatan asosiasi merek (X2) dan keuanikan asosiasi merek (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyot Agya pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Jayapura dengan hasil uji F menunjukkan bahwa nilai F hitung 35,106 > F tabel 2,29 dengan tingkat signifikansi F hitung 0,000 < α 0,05. Variabel yang dominan pengarunya terhadap keputusan pembelian yaitu variabel keunggulan asosiasi merek (X1).
Unduhan
Referensi
Aaker dan Joachimstahler. 2000. Marketing. Edisi Ketiga. Erlangga, Jakarta.
Alex, Nitisemito. 2000. Marketing. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Amirullah, 2002.Perilaku Konsumen. Malang: Graha Ilmu.
Bilson, Simamora. 2001. Strategi Memenangkan Pasar yang Profitabilitas, PT.
Indeks Jakarta.
Dwi, Priyatno, 2008, Mandiri Belajar SPSS (Statictical Product and Service Solution) untuk Analisis Data & Uji Statistik, cetakan kesatu, penerbit : MediaKom, Yogyakarta.
Faisal, Afif. 2002. Strategi Pemasaran. Angkasa, Bandung.
Ferdinan, Augusti. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS,
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hegelson, James G dan Magne Supphelen. 2004. A Conseptual and Comparison
Measurement of self-Congruity and Brand Responding, Internasional
Journal Of Marketing Research, Volume 46 kwartal 2.
Keller, KL.2003. Strategic Brand Management, Building Measurement and Managing Brand Equity, Upper Sadle River, NJ Pearson Education Internasional.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Diterjemahkan oleh: Hendra Teguh. SE, Ak. dan Ronny A. Rusli, SE, Ak. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT Prenhallindo.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2000. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Keenam, Terjemahan Wilhelmus W Bakowaton, Intermedia, Jakarta.
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran 2, Edisi Millenium, PT. Ikrar Mandiri, Jakarta.
Palmer, Adrian. 2001. Principles Of Services Marketing , Third Edition McGraw-
Hill Companies, UK (United Kingdom)
Pride dan Ferrel.2005.Marketing Principles (Edisi Terjemahan). Erlangga, Jakarta.
Rewoldt. 2001. Manajemen Strategik, Pengantar proses Berpikir Strategik, Erlangga, Jakarta.
Salusu, I. 2003. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit, Penerbit : PT. Gasindo, Jakarta
Simamora.2005. Penerapan Prinsip-Prinsip Pemasaran, Bumi Aksara, Jakarta.
Stanton, William. 2001. Prinsip Pemasaran, Terjemahan Sundaru Dadu, Erlangga Jakarta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Supryanto, J. 2000. Kepuasan Tingkat Pelanggan ; Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Simamora.2005. Penerapan Prinsip-Prinsip Pemasaran, Bumi Aksara, Jakarta.
Stanton, William. 2001. Prinsip Pemasaran, Terjemahan Sundaru Dadu, Erlangga Jakarta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Supryanto, J. 2000. Kepuasan Tingkat Pelanggan ; Untuk Menaikkan Pangsa
Pasar, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Implementasi, dan Kontrol. Diterjemahkan oleh: Hendra Teguh. SE, Ak. dan Ronny A. Rusli, SE, Ak. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT Prenhallindo.
Simamora.2005. Penerapan Prinsip-Prinsip Pemasaran, Bumi Aksara, Jakarta.
Stanton, William. 2001. Prinsip Pemasaran, Terjemahan Sundaru Dadu, Erlangga Jakarta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Supryanto, J. 2000. Kepuasan Tingkat Pelanggan ; Untuk Menaikkan Pangsa
Pasar, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Dani Melmambessy
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.