Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Gran Max Pick Up di PT. Serba Mulia Auto Cabang Merauke
DOI:
https://doi.org/10.55049/t0ptmt82Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu Gran Max Pick Up di PT. Serba Mulia Auto Cabang Merauke. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner kepada konsumen yang telah melakukan pembelian di dealer tersebut. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikansi 0,058 yang lebih besar dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar harga, seperti kualitas produk, promosi, dan pelayanan. Nilai koefisien determinasi sebesar 10,5% mengindikasikan bahwa variabel harga hanya menjelaskan sebagian kecil dari variasi keputusan pembelian. Oleh karena itu, perusahaan disarankan untuk mempertimbangkan aspek-aspek lain dalam strategi pemasarannya guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen
Unduhan
Referensi
A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya. Bandung
Abdullah, Thamrin, dan Tantri Francis. 2012. Manajemen Pemasaran, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Abbas, Salim. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT. Prenhallindo, Jakarta.
Amrullah, AR, dan Agustin, S. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. (Online), Vol 5, No 7: 1-15
Amstrong,Garry dan Philip, Kotler. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid 1, Ahli Bahasa Alexander Sindoro, Jakarta :Prenhalindo.
Arikunto, S.2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta PT.Rineka Cipta
Assauri, Sofjan. 2003. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Rajawali pers.
Basu Swasta dan Hani Handoko.(2008) Manajemen Perusahaan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta, Liberty Edisi Pertama
Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Buku Seru
Ghozali,Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.
Hurit, Kamilus. 2017. Transportasi Secara Umum. Erlangga Jakarta.
Irvan Trang, Andrew F. Manampiring, 2016. Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Mobil di PT. Astra Internasional, TBK Malalayang. Jurnal Universitas Sam Ratulangi Manado.
Miro, F. 2005. Perencanaan Transportasi Untuk Mahasiswa,Perencana dan Praktisi. Ghalia Indonesia.
Nasution, 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar, Cetakan Kedua Belas, Jakarta : Bumi Aksara.
Philip Kotler, 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Mellinium, Jilid 2, PT. Prehallindo, Jakarta.
Stanton, William J. 2012. Prinsip Pemasaran, Ahli Bahasa: Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga Jakarta.
Uni Sulfiana, Mukhlisa dan Abdul Muttalib. 2018. Jurnal Pengaruh harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya Pada PT. Hadji Kalla Toyota Cab. Urip Sumarjo. Jurnal Universitas Muhammadiyah Makassar.