Sosialisasi Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Selaku Pelaku UMKM di Kelurahan Entrop Distrik Jayapura Selatan
DOI:
https://doi.org/10.55049/cnd.v2i1.17Kata Kunci:
Kewirausahaan, UMKMAbstrak
Pengenalan kewirausahaan yang dilakukan kepada mahasiswa ini dengan cara memberikan sosialisasi tentang UMKM. Permasalahan pada saat iniyang dihadapi adalah bahwa kurangnya pemahaman masyarakat/mahasiswa tentang potensi dan peluang penghasilan dari UMKM, kurangnya pemahaman akan jiwa kewirausahaan sebagai modal dasar menjalankan perekonomian, kurangnya pemahaman meningkatkan kembali usaha kecil dari unit rumahan menjadi batu loncatan pengembangan perekonomian. Secara umum tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah melakukan Sosialisasi Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Sebagai Pelaku UMKM, bertujuan untuk:a) Meningkatkan pemahaman masyarakat/mahasiswa tentang potensi dan peluang penghasilan. b) Meningkatkan jiwa kewirausahaan sebagai modal dasar menjalankan perekonomian. c) Meningkatkan kembali usaha kecil dari unit rumahan menjadi batu loncatan pengembangan perekonomian. Metode pelaksanaan adalah: a) Penyuluhan; b) diskusi/tanya jawab; c) Demostrasi/praktek; d) Evaluasi; e) tindak lanjut;f) Partisipasi Mitra. Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah bahwa peserta semakin paham akan pentingnya berwirausaha dengan menjalankan UMKM untuk keberlanjutan perekonomian.
Unduhan
Referensi
Agustina, Tri Siwi. (2015). Kewirausahaan: Teori dan Penerapan pada Wirausaha dan UKM di di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media. Ananda, A.D., & Susilowati, D. (2017) Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 1(1), 120-142. Gitosudarmo, Indrianyo, (2000). Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFE Mulyana, Nandang, Ishartono. 2018. Mulyana N., Ishartono I., (2018). Pelatihan Wirausaha Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Di Desa Sakerta Barat Dan Sakerta Timur Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Prosiding KS Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Departemen Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjajaran Noor, Zulki Zulkifli, (2019). Model Pemasaran Sinergisitas Human Capital dan Teknologi Digital. Yogyakarta: Deepublish.
Siagian, (2008), Manajemen Stratejik. Yogyakarta: Deepublish.