PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING(FACEBOOK ADS) KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN DI MEDIASI OLEH WORD OF MOUTH MARKETING

Penulis

  • Fitriani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v9i2.172

Kata Kunci:

Pemasaran Media Sosial, Kepercayaan, Kemudahan, Keputusan Pembelian, Pemasaran dari mulut ke mulut

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Media MarketingKepercayaan, dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian dimediasi oleh Word of Mouth Marketing di tokoloka.co.id di area Makassar. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini populasi terdiri atas seluruh konsumen yang berbelanja di tokoloka.co.id di area Makassar yang berjumlah 115 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dilakukan tabulasi data. Metode analisis data menggunakan analisis Crosstab dan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program AMOS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan negatif Social Media Marketing, Kepercayaan, dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian yang dimediasi oleh Word Of Mouth Marketing ditokoloka area Makassar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Fitriani, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

Fitriani merupakan Dosen pada Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

Referensi

Basu Swastha, Hani Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku. Konsumen. Yogyakarta. Crosby et al dalam Fian A.J & Yuniati Tri.(2016). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan auto 2000 sungkono Davis F.D dalam Rizki,Kharisma. Siti,E.H.A. Susilo,Heru .(2015). Pengaruh Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Dan Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Pada Konsumen www.ardiansmx.com) .Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Surabaya. Harjadi, Didik & Fatmawati Dewi. 2008. “Word Of Marketing (WOM) Communication Sebagai Alternatif Kreatif Dalam KomunikasiPemasaran”. JURNAL EQUILIBRIUM. Vol.4, No.8, Juli-Desember 2008; 72-78. Jasfar dalam Fian A.J & Yuniati Tri.(2016). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan auto 2000 sungkono surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Surabaya. Kennedy, Jhon E Soemanagara, R Darmawan.2006. Marketing Communications, Taktik dan strategi. Jakarta. PT.BuanaIlmu Populer. Mariana. 2012. Sejarah perkembangan Teknologi informasi.STIMIK Tangerang. Diakses 20 Juni 2017

Moorman et al dalam Fian A.J & Yuniati Tri.(2016). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan auto 2000 sungkono surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Surabaya. Swatha dan Handoko dalam Nurgiyantoro, Singgih. 2014. Pengaruh strategi promosi melalui sosial media terhadap keputusan pembelian garskin yang dimediasi word of mouth marketing. Universitas Negeri Yogyakarta. Perkembangan internet diindonesia. http://www.internetworldstats.com/stats.htm Diakses 01-12-2017 Perkembangan internet diindonesia. http://www.internetworldstats.com/facebook/stats.htm Diakses 01-12-2017 Rossen, Emanuel. 2000. The anatomy of buzz : how to create Word Of MouthMarketing. Newyork: Doubleday, Random house. Inc. Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia Sunarto dalam Fian A.J & Yuniati Tri.(2016). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan auto 2000 sungkono surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Surabaya. Sugiono.2015.Metode penelitian kuantitatif, kauntitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Thoyibie, L. 2010. Psikologi Social Media. http://komunikasi-indonesia.org. Diakses tanggal 2 juni 2017 Uyung Sulaksana.2007.Integrated Marketing Communications.Pustaka pelajar.Yogyakarta. Veby. Pengaruh sosial media marketing twitter terhadap terbentuknya brand image restoran burger Gaboh Pekanbaru. di akses 10-06-2017 Venkatesh dan Davis dalam Irmadhani Mahendra,Irmadhani dan Nugroho, Adhi. Pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan dan computer self efficacy, terhadap penggunaan online banking pada mahasiswa s1.Fakultas ekonomi.Universitas Negeri Yogyakarta Wijayanto, H.S. 2008. Structural Equation Modeling Dengan Lisrel 8.8. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Diterbitkan

31-01-2019

Cara Mengutip

Fitriani. (2019). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING(FACEBOOK ADS) KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN DI MEDIASI OLEH WORD OF MOUTH MARKETING. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 1–8. https://doi.org/10.55049/jeb.v9i2.172

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 9 NOMOR 2 JANUARI 2019