Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Shopee Express

Penulis

  • Salahudin Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Aji Hartono Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Juliansi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.305

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Shopee Express

Abstrak

Meningkatnya pelayanan jasa pengiriman barang di Indonesia mengakibatkan semakin banyaknya jasa pengiriman barang berlomba-lomba menarik minat konsumen tak terkecuali Shopee Express. Salah satu cara menarik minat konsumen yaitu dengan memberikan pelayanan yang baik untuk memberikan kepuasan kepada pengguna jasa Shopee Express. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 112 dengan teknik pengambilan sampel berupa accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa Shopee Express dengan nilai konstan sebesar 3,769 dan nilai variabel kualitas pelayanan 0,48. Nilai uji t (hitung) 11,283 > t (tabel) 1,98157 maka tolak H0 dan nilai R Square sebesar 53,6%. Hasil pengujian asumsi klasik dan uji validitas serta reliabilitas data berdistribusi normal dan memenuhi syarat.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Salahudin, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

 

 

Aji Hartono, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

 

 

Juliansi, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

 

 

Referensi

Ghazali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Henti, P., Efrina, M., & Eni, C. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen pada JNE Cabang Palembang. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 214–221.

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi. UMSU PRESS.

Lorenzi, N., & Lorina Siregar Sudjiman. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Express (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Advent Indonesia). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(2), 303–311. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i2.1033

Nugroho, A., & Magnadi, R. H. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Lazada Express Saat Harbolnas Di E-Commerce. Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Purwoto, A. (2012). Panduan Laboratorium Statistik Inferensial. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Unsiyah, A. A., Arifin, R., & Arsyanto, M. T. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Express (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 221–232.

Wijaya, M. H., & Rizani, N. C. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Shopee Express Dengan Metode Servqual. Presisi, 24(1), 41–50. https://ejournal.istn.ac.id/index.php/presisi/article/view/1145/763

Diterbitkan

22-07-2024

Cara Mengutip

Salahudin, Hartono, A., & Juliansi. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Shopee Express. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 59–64. https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.305

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 16 NOMOR 2 JULI 2024