Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Shopee Express
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.305Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Shopee ExpressAbstrak
Meningkatnya pelayanan jasa pengiriman barang di Indonesia mengakibatkan semakin banyaknya jasa pengiriman barang berlomba-lomba menarik minat konsumen tak terkecuali Shopee Express. Salah satu cara menarik minat konsumen yaitu dengan memberikan pelayanan yang baik untuk memberikan kepuasan kepada pengguna jasa Shopee Express. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 112 dengan teknik pengambilan sampel berupa accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa Shopee Express dengan nilai konstan sebesar 3,769 dan nilai variabel kualitas pelayanan 0,48. Nilai uji t (hitung) 11,283 > t (tabel) 1,98157 maka tolak H0 dan nilai R Square sebesar 53,6%. Hasil pengujian asumsi klasik dan uji validitas serta reliabilitas data berdistribusi normal dan memenuhi syarat.
Unduhan
Referensi
Ghazali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Henti, P., Efrina, M., & Eni, C. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen pada JNE Cabang Palembang. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 214–221.
Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi. UMSU PRESS.
Lorenzi, N., & Lorina Siregar Sudjiman. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Express (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Advent Indonesia). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(2), 303–311. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i2.1033
Nugroho, A., & Magnadi, R. H. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Lazada Express Saat Harbolnas Di E-Commerce. Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Purwoto, A. (2012). Panduan Laboratorium Statistik Inferensial. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Unsiyah, A. A., Arifin, R., & Arsyanto, M. T. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Express (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 221–232.
Wijaya, M. H., & Rizani, N. C. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Shopee Express Dengan Metode Servqual. Presisi, 24(1), 41–50. https://ejournal.istn.ac.id/index.php/presisi/article/view/1145/763