ANALISIS TINGKAT LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS CABANG WAENA KOTA JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v8i1.40Kata Kunci:
Kinerja Keuangan, Rasio Likuiditas Profitabilitas, Rasio Lancar, Rasio Kas, Gross Profit Margin, Net Profit MarginAbstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk 1) Menganalisis Tingkat Likuiditas dan Profitabilitas terhadap kinerja keuangan; Sebab PT. Pos Indonesia yang merupakan bagian dari industry, selain industry PT.Pos Indonesia juga sebagai Perusahaan Internasional maka harus menunjukan kinerja yang optimal dalam rangka mendukung sepenuhnya pembiayaan pembanggunan daerah selain itu dengan dengan adanya; 2) Menganalisis laporan keuangan dapat diketahui prestasi keuangan perusahaan dari tahun ke tahun dan hasil analisis tersebut dapat digunakan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. Data penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini dilakukan menggunakan Metode Analisis Rasio Likuiditas dan Profitabilitas pada perusahaan PT.POS Indonesia (Persero) Kantor Pembantu Cabang Waena, Kota Jayapura sebagai objek penelitian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa PT. POS) Kantor Pembantu Cabang Waena, Kota Jayapura memiliki kinerja keuangan yang lebih baik pada tahun 2016 dibandingkan tahun sebelumnya. Meski mengalami penurunan ditinjau dari Rasio Lancar, Rasio Kas dan Return of Asset, Operating Profit Margin pada tahun 2014-2016, maka perusahaan perlu menekan biaya usaha dan pengelolaan modal secara efisien.
Unduhan
Referensi
Atmanegara, Devi. 2007. Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. POS Indonesia (Persero) Malang. Malang: Program Studi Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Bambang, Riyanto, 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat, Cetakan Ketujuh, BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.
Baridwan, Zaki. 2004. Accounting Intermediate. Edisi Kedelapan, Cetakan Pertama. Penerbit BPFE Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Darsono dan Ashari. 2004. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. ANDI Yogyakarta. Yogyakarta.
Handayan, D., Nilam, K. dan Michael,H. 2013. Analisis Kinerja Keuangan Berdasarkan Rasio Profitabilitas Pada PT Bhimex Di Samarinda. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.
Harahap, Sofyan Safri. 2010. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Edisi Pertama. Rajawali Pers. Jakarta.
Harahap, Sofyan Safri. 2009. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Edisi Pertama. Rajawali Pers. Jakarta.
Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan, Edisi pertama. Rajawali Pers. Jakarta.
Kurniawan, Adi. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan POS EXPRESS di PT. POS Indonesia kantor POS Cukir. (Online), Vol.1No.01,
(http://ejurnal.stkipjb.ac.id/index.php/AS/article/view/50/36, diakses Maret 2015)
Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Munawir, S. 2002. Analisa Laporan Keuangan, Edisi Ketiga. LIBERTY. Yogyakarta.
Martono, 2001. Manajemen Keuangan, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta. Martono dan D. Agus Harjito. 2005. Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Pertama, Cetakan Kelima. Ekonisia. Yogyakarta. Sangkala, Abdul A. 2012. Analisis Kinerja Keuangan Berdasarkan Rasio Profitabilitas Pada Perusahaan Pabrik Roti Tony Bakery Pare-Pare. Jurnal Ekonomi Balance Fekon Unismuh Makassar. Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Jakarta: Rajagrafindo Persada. Subramayam, K.R, dan John J. Wild. 2012. Analisis Laporan Keuangan, Edisi sepuluh-Buku 1, Jakarta: Salemba Empat. Syahrial, Dermawan dan Purba, Djahotman. 2013. Analisis Laporan Keuangan – Cara Mudah dan Praktis Memahami Lapora Keuangan, Edisi Kedua, Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media. Sumber data PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Pembantu Waena, Kota Jayapura 2017. Weston dan Copeland, 2000. Management Finance, Binarupa Aksara Jakart