Pengaruh Corporate Image, User Image, dan Product Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada PT. Astra International Tbk Cabang Jayapura

Penulis

  • Dani Melmambessy Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v10i2.169

Kata Kunci:

Bran Image, Corporate Image, User Image, Produc Image, Keputusan Pembelian

Abstrak

Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mengukur apakah variable brand image yang meliputi Corporate Image, User Image dan Produk Image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda, 2) Untuk mengetahui dan mengukur apakah variable brand image yang meliputi Corporate Image, User Image dan Produk Image secara partial berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda dan 3) Untuk mengetahui variable mana yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh corporate image, user image dan produc image terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT. Astra International Tbk Honda Cabang Jayapura. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis yang menunjukkan bahwa: Secara parsial variabel corporate image (X1), user image (X2) dan produc image (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT. Astra International Tbk Honda Cabang Jayapura dapat terbukti. Nilai t hitung untuk variabel corporate image (X1) sebesar 2,651 > t tabel 1,644 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < á 0,05, nilai t hitung user image image 2,146 > t tabel 1,644 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < á 0,05 dan nilai t hitung user image image 3,321 > t tabel 1,644 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < á 0,05. Nilai F hitung sebesar 144,559 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa secara simultan variabel corporate image (X1), user image (X2) dan produc image (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT. Astra International Tbk Honda Cabang Jayapura dapat terbukti. Model persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y= 0,526+ 0,176X1 + 0,238 X2+ 0,424 X3 + e, 4). Koefisien determinasi R2 adalah sebesar 0,819 Hal ini bermakna kontribusi ketiga variabel variabel corporate image (X1), user image (X2) dan produc image (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT. Astra International Tbk Honda Cabang Jayapurasebesar 81,9% sedangkan sisanya 0,18% atau 18% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Radalah sebesar 0,905 Hal ini bermakna bahwa ketiga variabel variabel corporate image (X1), user image (X2) dan produc image (X3) terdapat hubungan yang kuat terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT. Astra International Tbk Honda Cabang Jayapura.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Dani Melmambessy, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

Dani Melmambessy merupakan Dosen Prodi Manajemen, STIE Port Numbay

Referensi

Bilson Simamora, 2001 Perilaku KonsumenAlfabeta, Bandung

Djaslim Saladin. 2003. Perilaku Konsumen dan Pemasaran Stratejik.Penerbit CV.LindaKarya,Bandung.

Freddy Rangkuty.2002.The Powerof Brand,TeknikMengelola Brand Equity dan Strategy Perluasan Merek. Penerbit Gramedia, Jakarta.

Fandy Tjiptono. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Keenam.

Imam Ghozali, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas.Diterjemahkan oleh Benyamin Molan.Jilid 2.Jakarta:Indeks.

Kotler Amstrong, 2003. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jakarta:Indeks.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi 9.Terjemahan:HendraTeguhet.al. Jakarta, PT Prenhallindo.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Penerbit Prenhallido, Jakarta.

Lam , Hair Mc. Daniel 2001. Pemasaran.EdisiPertama,Diterjemahkanoleh David Octaveria. Jakarta: Salemba Empat.

Molan, 2005.Strategi Pemasaran. Edisi Kedua.:Indeks Jakarta.

Moh.Nazir. 2003. MetodePenelitian. Cetakan Kelima. Jakarta:

Nurul Huda, 2012. Pengaru Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar (Studi pada PT. Suraco Jaya Abdi Motor Makassar)

Nururul Rizki Fachira, 2012. Pengaru Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Pajero Sport pada PT. Boswa Berlian Motor (Studi kasus pada PT. Boswa Berlian Motor )

Sutisna , 2001. Manajamen Pemasaran, Indeks Jakarta

Sugiyono, 2004.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif,Alfabeta, Bandung

Diterbitkan

31-01-2020

Cara Mengutip

Melmambessy, D. (2020). Pengaruh Corporate Image, User Image, dan Product Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada PT. Astra International Tbk Cabang Jayapura. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 71–81. https://doi.org/10.55049/jeb.v10i2.169

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 10 NOMOR 2 JANUARI 2020