PENGARUH KEUNGGULAN ASOSIASI MEREK, KEKUATAN ASOSIASI MEREK DAN KEUNIKAN ASOSIASI MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AGYA PADA PT. HASJRAT ABADI CABANG JAYAPURA

Penulis

  • Dani Melmambessy Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v9i2.179

Kata Kunci:

Brand Image, Keunggulan, Kekuatan, Keunikan, merek

Abstrak

Pengaruh Keunggulan Asodiasi Merek. Kekuatan Asosiasi Merek Dan Keunikan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya Pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Jayapura. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pengarauh keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, kenunikan asosiasi merek secara parsial terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Agya pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Jayapura.2) Untuk mengetahui pengarauh keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, kenunikan asosiasi merek secara simultan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Agya pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Jayapura. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 orang pengguna mobil Toyota Agya di Jayapura. Hasil Penelitian menujukkan 1) variabel keunggulan asosiasi merek (X1) secara parsial nilai t hitung 4,594 > t tabel 1,644 dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05, variabel kekuatan asosiasi merek (X2) dengan nilai t hitung 2,803 > t tabel 1,644 dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 dan keuanikan asosiasi merek (X3) dengan nilai t hitung 2,553 > t tabel 1,644 dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. Dengan demikian secara parsial ketiga variabel bebas dalam penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyot Agya pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Jayapura. 2) Secara simultan, variabel keunggulan asosiasi merek (X1), kekuatan asosiasi merek (X2) dan keuanikan asosiasi merek (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyot Agya pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Jayapura dengan hasil uji F menunjukkan bahwa nilai F hitung 35,106 > F tabel 2,29 dengan tingkat signifikansi F hitung 0,000 < α 0,05. Variabel yang dominan pengarunya terhadap keputusan pembelian yaitu variabel keunggulan asosiasi merek (X1).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Dani Melmambessy, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

Dani Melmambessy Dosen Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

Referensi

Aaker dan Joachimstahler. 2000. Marketing. Edisi Ketiga. Erlangga, Jakarta. Alex, Nitisemito. 2000. Marketing. Ghalia Indonesia, Jakarta. Amirullah, 2002.Perilaku Konsumen. Malang: Graha Ilmu. Bilson, Simamora. 2001. Strategi Memenangkan Pasar yang Profitabilitas, PT. Indeks Jakarta. Dwi, Priyatno, 2008, Mandiri Belajar SPSS (Statictical Product and Service Solution) untuk Analisis Data & Uji Statistik, cetakan kesatu, penerbit : MediaKom, Yogyakarta. Faisal, Afif. 2002. Strategi Pemasaran. Angkasa, Bandung. Ferdinan, Augusti. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hegelson, James G dan Magne Supphelen. 2004. A Conseptual and Comparison

Measurement of self-Congruity and Brand Responding, Internasional Journal Of Marketing Research, Volume 46 kwartal 2. Keller, KL.2003. Strategic Brand Management, Building Measurement and Managing Brand Equity, Upper Sadle River, NJ Pearson Education Internasional. Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Diterjemahkan oleh: Hendra Teguh. SE, Ak. dan Ronny A. Rusli, SE, Ak. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT Prenhallindo. Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2000. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Keenam, Terjemahan Wilhelmus W Bakowaton, Intermedia, Jakarta. Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran 2, Edisi Millenium, PT. Ikrar Mandiri, Jakarta. Palmer, Adrian. 2001. Principles Of Services Marketing , Third Edition McGraw- Hill Companies, UK (United Kingdom) Pride dan Ferrel.2005.Marketing Principles (Edisi Terjemahan). Erlangga, Jakarta. Rewoldt. 2001. Manajemen Strategik, Pengantar proses Berpikir Strategik, Erlangga, Jakarta. Salusu, I. 2003. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit, Penerbit : PT. Gasindo, Jakarta Simamora.2005. Penerapan Prinsip-Prinsip Pemasaran, Bumi Aksara, Jakarta. Stanton, William. 2001. Prinsip Pemasaran, Terjemahan Sundaru Dadu, Erlangga Jakarta Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta Supryanto, J. 2000. Kepuasan Tingkat Pelanggan ; Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, PT. Rineka Cipta, Jakarta. Simamora.2005. Penerapan Prinsip-Prinsip Pemasaran, Bumi Aksara, Jakarta. Stanton, William. 2001. Prinsip Pemasaran, Terjemahan Sundaru Dadu, Erlangga Jakarta Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta Supryanto, J. 2000. Kepuasan Tingkat Pelanggan ; Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, PT. Rineka Cipta, Jakarta. Implementasi, dan Kontrol. Diterjemahkan oleh: Hendra Teguh. SE, Ak. dan Ronny A. Rusli, SE, Ak. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT Prenhallindo. Simamora.2005. Penerapan Prinsip-Prinsip Pemasaran, Bumi Aksara, Jakarta.

Stanton, William. 2001. Prinsip Pemasaran, Terjemahan Sundaru Dadu, Erlangga Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Supryanto, J. 2000. Kepuasan Tingkat Pelanggan ; Untuk Menaikkan Pangsa

Pasar, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Diterbitkan

31-01-2019

Cara Mengutip

Melmambessy, D. (2019). PENGARUH KEUNGGULAN ASOSIASI MEREK, KEKUATAN ASOSIASI MEREK DAN KEUNIKAN ASOSIASI MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AGYA PADA PT. HASJRAT ABADI CABANG JAYAPURA. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 70–84. https://doi.org/10.55049/jeb.v9i2.179

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 9 NOMOR 2 JANUARI 2019