PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA STASION PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) KOTARAJA KOTA JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v8i1.39Kata Kunci:
Kualitas layanan, kepuasanAbstrak
Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada SPBU Kotaraja Kota Jayapura. Hasil penelitian dibuktikan dengan bebrapa uji statistik yang menunjukkan bahwa: 1) hasil persamaan regresi linear sederhana yaitu Y= 0,054 + 0,977X. Dari persamaan regresi linear sederhana tersebut mengandung arti bahwa variabel kualitas layanan (X) sebesar 0,977 menunjukkan bahwa setiap kali peningkatan kualitas layanan, akan berdampak positif terhadap peningkatkan kepuasan pelanggan pada SPBU Kotaraja Kota Jayapura sebesar 0,977. 2) nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,977 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat atau hampir sempurna antara variabel kualitas layanan terhadap variabel kepuasan pelanggan, 3) hasil koefisien determinasi (R²) sebesar 0,954 artinya bahwa variabel kualitas layanan mampu menerangkan atau mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan sebesar 0,954 atau 95,4% sedangkan sisanya 0,046 atau 4,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 4) nilai t hitung variabel kualitas layanan 31,443 > t tabel 2,0106 dengan nilai signifikansi 0,00 < α 0,05.
Unduhan
Referensi
Handoko, T. Hani, 1984. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Liberty, Yogyakarta. Basu. S 1999. Loyalitas Pelanggan,Sebuah Kajian Konseptual. Sebagai Panduan bagi peneliti, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. 1999 Bo. 14. No. 3, 73-88. Imam Gozali, 2004. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, Irawan, H, 2007, Prinsip Kepuasan Pelanggan, PT Elex Media Komputindo, Jakarta. Jay Heizier dan Barry R.2006.Manajemen Opersi, Edisiti Ketujuh. Salemba Emapat. Jakarta. Junaidi, Shellyana dan Basu Swasta Dharmmesta, 2002, Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Kategori Produk, dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Keputusan Pemindahan Merek, Jurnal Ekoomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 17 No. 1 pp. 91-94
Kotler., and Amstrong, 2005, Manajemen Pemasaran Edisi Kesebelas, Diterjemahkan oleh Benyamin Molan . Jilid 1 dan 2. Indeks. Jakarta Kotler, P. and Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas, Jilid 1, Terjemahkan Benyamin Molan, Indeks, Jakarta Kotler, P, 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas, Jilid 1, Terjemahkan Benyamin Molan, Indeks, Jakarta Lamb, Jr., Hair Jr., Mc. Daniel. 2001. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Diterjemahkan oleh David Octaveria. Salemba Empat. Jakarta Nazir Moh. 2003. Metode Penelitian. Cetakan Kelima. Penerbit Ghalia Indonesia. Parasuraman, Valeri A. Zeithaml, and Leonard L Berry, A. Conceptual Model of Serivice L. and Its Implications for Future Research , Journal ofMarketing, No. 49 (Fall), 1985, PP 41 – 50 Sadi., 2009, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Tahu Bakso Ibu Pudji, Ungaran Semarang, Pascasarjana Dipnegoro, Semarang. Soedarmayanti, 2005, Manajemen Jasa Pendekatan Terpdu, Penerbit Galia Indonesia, Bogor. Staton, W., 1993, Prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Jilid 1, Erlangga Jakarta. Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Administrasi, Penerbit CV. Alfabet Bandung. Sugiono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Afabeta Bandung. Umar Uzein, 2001. Studi Kelayakan Bisnis. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta Umar Uzein, 2003, Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Kedua, Gramedia Pustaka Umum. Jakarta