PENGARUH HARGA DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KARGO PADA PT. AGUNG LATIMOJONG JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v9i2.173Kata Kunci:
Harga, Saluran Distribusi, Kepuasan PelangganAbstrak
Penelitian ini berjudul Pengaruh Harga dan Saluran Distribusi terhadap Kepuasan Pelanggan Kargo pada PT. Agung Latimojong Jayapura, penelitian ini dilakukan untuk memenuhi tugas dan kewajiban seorang dosen dalam melaksanakan Tri darma Perguruan Tinggi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh harga dan saluran distribusi secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Agung Latimojong Jayapura. 2). Untuk menganalisis dan menguji pengaruh harga dan saluran distribusi secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Agung Latimojong Jayapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara variabel harga dan saluran distribusi mempunyai hubungan yang positif dengan kepuasan pelanggan, hal ini diperlihatkan dengan besarnya nilai R = 0,484 atau 48,4%. Hasil penelitian ini juga memperlihatkan bahwa antara variabel harga dan saluran distribusi mempunyai pengeruh yang positif terhadap kepuasan konsumen yang tunjukkan dengan besarnya nilai R² = 0,212 atau 21,2 %. Hasil uji-t secara parsial menunjukkan variabel harga (x1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan yang diperlihatkan dengan hasil (uji –t = 4.837 < t-tabel = 2,0003. Sedangkan untuk variabel saluran distribusi (x2) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang diperlihatkan dengan nilai (t-hitung = -1,887 < t-tabel 2.0003). Hasil uji-Fatau uji secara simultan menunjukkan bahwa variabel harga (x1) dan saluran distribusi (x2) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai hasil (uji-F= 10,408 > F-tabel = 3,14).
Unduhan
Referensi
Alma, B. (2002).Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi, Alfabeta Bandung. Alma, Buchari. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan kedelapan. Alfabeta. Bandung. Algifari. (2000). Teori dan aplikasi StatistikAlfabeta. Bandung Assauri, Sofjan. (2009). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, Edisi Pertama. Swasta, Basu DH. (2009). Saluran Pemasaran. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta. Boyd, Walker. dan Larreche. 2000. “Manajemen Pemasaran (Suatu PendekatanStrategis dan Orientasi Global)”, Edisi ke Dua Jilid 1. Erlangga. Jakarta. Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi Kelima. Cetakan Keenam. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. ------------. (2012). Koefisien Determinasi (R2) Merupakan Alat Untuk Mengukur Seberapa Jauh Kemampuan Dalam Menerangkan Variasi Variabel Kotler, P. (1991).Manajemen Pemasaran,Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Penerbit Prehallindo. Jakarta ------------.(1996). Manajemen Pemasaran, 6thed, Mengelola Produk Lini Produk dan Merek Penerbit Erlangga. ------------. (1997). Marketing Managenment, Analysis, Planning, Implementation and Control, (9th ed), New Jersey:Prentice Hall International,inc. ------------.(2000). Marketing Management An Asia Perspective, ed, Prentice Hall. ------------.(2002). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Edisi: ed, millennium,PenerbitPrenhallindo. Jakarta. ------------. (2002). Principle of Marketing. New Jersey: Pretince Hall. ------------. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 1, Gelora Aksara Pratama. Jakarta.
Kotler, P. dan Keller K. L. (2009).Manajemen Pemasaran.Edisi 13.Jilid 1.Erlangga.Jakarta.dan . 2013. Alih Bahasa: Benyamin
Molan.Manajemen Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Cetakan Keempat. PT. Indeks. Jakarta. Lupiyoadi, Rambat (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta. ------------. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa.Edisi 3. Salemba Empat. Jakarta. Lovelock, C dan J. Wright.(2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan Kedua. PT. Indeks. Jakarta. ------------.(2010). Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi,Strategi. Jilid Satu. EdisiKetujuh. Penerbit Prehalindo. Jakarta. Masruri, A. (2013). Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir(JNE) Surabaya. Mowen, J, John C. dan Michael Minor, (2000), Perilaku Konsumen., Binarupa Aksara, Jakarta Payne, Adrian (1993). The Essence of Service Marketing, Pemasaran Jasa.Diterjemahkan oleh Fandi Tjiptono, Penerbit Andi, Yogyakarta. Payne, Adrian. Dalam Ratih Hurniati. (2010). Perencanaan Perusahaan dan Manajemen Strategi. Peter, Paul dan Jerry. C. Olson. (2000). Consumer Behaviour, Edisi 4 (terjemahan). Erlangga: Jakarta. Peppers, D dan Rogers,M. (2007). Customer Relationship Management. Riadi,Vikih. (2003). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan HargaTerhadap Loyalitas Konsumen PT Merpati Nusantara Airlines.Semarang. Riduwan dan Sunarto, 2007, Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis, Alfabeta, Bandung. Rosita Wuryandari (2006), Pengaruh Harga, Produk dan Distribusi terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Kereta Api (Persero) DAOP IV Semarang Sugiyono. (2000). Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta. Bandung. ------------. (2005). Metode Penelitian Administratif. Alfabeta. Bandung.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Benyamin Buntu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.