ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KOMITMEN NASABAH PADA PT. BANK PAPUA CABANG ABEPURA

Penulis

  • Benyamin Buntu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura
  • Muhamad Ohorela Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v13i2.88

Kata Kunci:

kepuasan, kepercayaan, komitmen nasabah

Abstrak

PT. Bank Papua memiliki sejumlah kantor cabang dan unit yang tersebar di berbagai lokasi di seluruh Tanah Papua. Salah satunya adalah PT. Bank Papua Cabang Abepura, yang berkembang pesat didukung oleh nasabah yang berasal dari berbagai macam kalangan dari masyarakat sekitar. Untuk itu, perlu memberikan pelayanan maksimal kepada nasabah sehingga dan memberikan kepuasan serta melahirkan kepercayaan nasabah dan pada akhirnya dapat menciptakan komitmen nasabah untuk tetap menggunakan produk-produk yang ada di PT. Bank Papua Cabang Abepura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara kepuasan dan kepercayaan terhadap komitmen nasabah pada PT. Bank Papua Cabang Abepura. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 70 orang, dimana seluruh responden tersebut merupakan nasabah PT. Bank Papua Cabang Abepura. Untuk mengumpulkan data dari responden, maka penulis menggunakan instrumen kuesioner. Alat analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kepuasan berpengaruh positif tapi tidak seignifikan terhadap komitmen nasabah PT. Bank Papua Cabang Abepura. Sedangkan Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen nasabah PT. Bank Papua Cabang Abepura. Secara simultan kepuasan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen nasabah PT. Bank Papua Cabang Abepura.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Atmaja, Hari Sandi, 2003. Pengaruh Kepuasan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membangun Loyalitas pelanggan.

Barnes, J. G. 2003. Secret of Customer Relationship Management (Rahasia. Manajemen Hubungan Pelanggan). Yogyakarta: Andi

Bearden, Wiliam O., Thomas N. Ingram, dan Raymon W. LaForge, 2001. Marketing Principles and Perspectives, 3rd Edition, McGraw-Hill Irwin, United State.

Ferdinand A, 2000. Structural Equation modelling dalam Penelitian manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ginting dan Situmorang. 2008. Filsafat Ilmu dan Metode riset. USU, Medan

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty : Menumbuhkan Dan Mempertahankan. Pelanggan.Penerbit Erlangga. Jakarta

Hermawan Kartajaya. 2003. Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan. Global. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Isnadi, Didik. 2005. “Analisi Pengaruh Costumer Relationship Marketing Terhadap Nilai Nasabah dan Keunggulan produk dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus: Pada PT Bank BRI kantor Cabang Pekalongan)

Karsono, 2006. Pemikiran-Pemikiran dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI.

Kotler,Philip dan Kevin L keller, 2009. Manajemen Pemasaran. PT Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta

Kuncoro, Mudrajad, 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Erlangga,. Jakarta

Kuncoro, Mudrajad, 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 3, Erlangga, Jakarta.

Situmorang, Syafrizal Helmi, et al., 2008. Analisis Data penelitian (Menggunakan Program SPSS).Terbitan Pertama, USU Press, Medan.

Sugiyono, 2008 . Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabet

Sunarto, 2004. Prinsip-Prinsip peemasaran. Edisi kedua, penerbit amus, Yogyakarta & UST press, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2005. Service Management. Jakarta Timur : Prenada Media.

Triandaru dan Budi Santoso, 2008

Skripsi :

Deliana, Febilarasati,2007.”Pengaruh Service Quality, Switching Cost, Trust dan Customer Satisfactionterhadap Customer Loyalty”.Skripsi, Faku ltas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Ellena, Frieda, 2011. “Analisi Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi dan Penanganan Keluhan terhadap Loyalitas Nasabah Studi pada Nasabah PT.BRI (Persero0 Tbk. Cabang Pamalang)”.

Jurnal

Hayat Yusuf, 2013, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Komitmen Nasabah Tabungan Bank Pembangunan Daerah (BPD) CABANG Utama Kendari, Jurnal Modernisasi, 234 Volume 9, Nomor 3.

Nurul Fitria Handogo, 2013, Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Komitmen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah Produk Tabungan Bank BNI di Surabaya, Artikel Ilmiah, Sekolah Tinngi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya

Diterbitkan

31-01-2022

Cara Mengutip

Buntu, B., & Ohorela, M. (2022). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KOMITMEN NASABAH PADA PT. BANK PAPUA CABANG ABEPURA. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 1–9. https://doi.org/10.55049/jeb.v13i2.88

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 13 NOMOR 2 JANUARI 2022

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama