Analisis Pengguna Layanan BNI Mobile Banking Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah
DOI:
https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.313Kata Kunci:
Pengguna Layanan, BNI, Mobile Banking, Loyalitas NasabahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan BNI Mobile Banking dalam meningkatkan loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu Heurmeunistic Unit, Coding, Analisis coding, dan Grafik dibantu oleh aplikasi Atlas.ti. Hasil penelitian ini adalah BNI Mobile Banking berhasil memenuhi kebutuhan nasabah dalam hal kecepatan dan kemudahan transaksi. Penggunaan Mobile Banking cukup tinggi, dengan berbagai fitur dan layanan yang aktif di gunakan oleh nasabah karena kemudahan dalam transaksi, dan tanggapan nasabah pada umumnya positif karena memenuhi ekspektasi nasabah, Kepuasan nasabah dapat mendorong nasabah untuk merekomendasikan BNI Mobile Banking kepada kerabat dan keluarga, yang pada akhirnya akan menambah nasabah dan meningkatkan loyalitas secara keseluruhan. Loyalitas pengguna cukup tinggi, meskipun ada potensi untuk beralih ke mobile banking lain jika notifikasi pemberitahuan menjadi masalah bagi nasabah. Pihak bank perlu mempertimbangkan biaya notifikasi SMS dan meningkatkan kerjasama pembayaran gaji, sebagai area untuk perbaikan agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kemudahan, keamanan, dan kualitas koneksi mobile banking yang berakibat meningkatkan loyalitas nasabah.
Unduhan
Referensi
Grummerstrawn, LM, Mei, Z, Goulding, A 2002, 'American Journal of Clinical
Nutrition, dalam: Centers of Disease Control and Prevention, 2009.
Assessing Your Weight: About BMI for Adult‟, Tesis, Universitas
Sumatera Utara, diakses 7 April 2016 http://cdc.gov/healthyweight/assessing/bmi/adult_bmi/index.htm
Harish, I. N. (2017). Pengaruh kepercayaan nasabah dan kualitas layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Hani, Handoko, T. 2012. Manajemen, Cetakan Duapuluh. Yogyakarta: Penerbit. BPEE
Kusniati, K., & Saputra, A. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LOYALITAS NASABAH PADA BPR ARTHA PRIMA PERKASA DI KOTA BATAM. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(3).
Lubis, M. V. A., & Siregar, O. M. (2021). Analisis Minat Nasabah Pada Penggunaan Aplikasi BSI Mobile Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Bank BSI KCP Rantauprapat. SENRIABDI, 874-881.
Otoritas Jasa Keuangan. 2018). Apakah yang dimaksud dengan internet banking dan mobile banking. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/images/FileDownload/417_Perbankan-4a%20mudah%20dan%20aman%20dengan%20internet%20banking%20dan%20mobile%20banking_2018_small.pdf
Renanda,T. (2018). Evaluasi Kualitatif keberhasilan sistem institusional repository di UIN Syarif Hidayatullah. Skripsi. Program Studi Sistem Informasi. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Riswandi. (2005). Aspek Hukum Internet Banking. Jakarta : RajaGrafindo Persada, 2005
Thakur, R. (2014), "What keeps mobile banking customers loyal?", International Journal of Bank Marketing, Vol. 32 No. 7, pp. 628-646. https://doi.org/10.1108/IJBM-07-2013-0062
Tjiptono, F. (2018). Pemasaran Jasa (Edisi Revisi). Andi.
Wiersma William, “Trianggulasi”, dalam Sugiyo. (2016)..Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta