Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Cabang Sentani

Penulis

  • Munawir Lobubun Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.55049/jeb.v15i2.280

Kata Kunci:

Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Bri Cabang Sentani. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner kepada 96 responden. Adapun hasil Hasil perhitungan dengan aplikasi SPSS Versi 22 adalah variabel kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah, berdasarkan hasil uji t variabel kualitas layanan menghasilkan nilai signifikan 0,000 yang di mana nilai ini lebih kecil dari 0.05 dan hasil t-hitung lebih besar disbanding nilai t-tabel, artinya kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank BRI Cabang Sentani. Selanjutnya pengaruh variabel kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah dapat ditunjukkan dengan besarnya nilai koefisien determinasi, artinya bahwa besarnya kualitas layanan mempengaruhi kepuasan nasabah sebesar 52.8% dan sisanya sebesar  dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Munawir Lobubun, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

 

 

Referensi

Aria, Mulyapradana, , & Atik L. Indah,. 2018. Tata Kelola AdministrasiUntuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Di PT.BAM Kabupaten Tegal. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Meda (Juripol). Vol.1Nomor Februari 2018, p-ISSN:2599-1779. e-ISSN:2599-1787.

Arianto, Dwi Agung Nugroho. 2018. Pengaruh Kontribusi Pendidikan, Pelatihan Dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Guru (Studi Di SMP Negeri 1 Tahunan Jepara). Media Ekonomi dan Manajemen. Vol 33 No 2. Universitas Putera Batam.

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azmi Mustofa, Ulul dan Yudi Siyamto. “Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Umum Syariah Di Surakarta”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Volume 01. No 02. 2015. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amanat Akademisi Surakarta

Engel, James F.,et al,. 2014. Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Firmansyah, M. Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hutasoit C.S. 2011. Pelayanan Publik: Teori dan Aplikasi. Jakarta: MagnaScript Publishing.

Ibrahim Adam dan I Made S. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Syariah KC Denpasar. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium. Vol. 4 No. 1 Maret 2018. i Universitas Ngurah Rai Denpasar, Bali.

Ikrar Putra Setiawan dan Muhammad Fachri Prawira. 2018. Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. BANK MEGA, TBK Cabang Makassar Daya.. Jurnal Manajemen dan Bisnis. VOL. 1 NO. 2. STIE AMKOP.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja. Grafindo Persada: Jakarta.

Kotler dan Amstrong. 2009. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip 2018, Manajemen Pemasaran. Indeks, Jakarta.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip. 2014. ManajemenPemasaran,.Edisi 13. Jilid 2. Prenhalindo.Jakarta.

Lovelock, C, dan John Wirtz, 2011. “Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7”. Jakarta : Erlangga.

M. Nur Rianto. A. 2010, Dasar – Dasar Pemasaran Bank. Syariah”,Alfabeta: Bandung.

Nugroho A. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistic Penelitian Dengan SPSS, Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Parasuraman, A. P., Zeithaml, V., & Malhotra, A. (2017). "E-S-Qual: A MultipleItem Scale for Assessing Electronic Service Quality". Journal of Service Research, 7, 213–233.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono & Chandra, G. 2016. Service, Quality, & Satisfaction. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, andy . 2014. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

Tjiptono, Fandy. 2019, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2016 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Diterbitkan

25-07-2023

Cara Mengutip

Lobubun, M. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Cabang Sentani. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 141–148. https://doi.org/10.55049/jeb.v15i2.280

Terbitan

Bagian

JURNAL VOLUME 15 NOMOR 2 JULI 2023